Nasi Ayam Hainan Untuk Menu Makan Siang Anak

 


Nasi Ayam Hainan atau Chicken Rice. 

Kalau mendengar menu ini, mama pasti langsung teringat Singapura atau Malaysia. Padahal Hainan adalah nama sebuah kepulauan di Wilayah Selatan Cina.

Walaupun sebenarnya Nasi Ayam Hainan ini adalah menu masakan yang awalnya dibuat oleh orang Hainan. Tapi seperti yang kita ketahui sekarang, Nasi Ayam Hainan justru populer dan menjadi hidangan khas di Singapura dan Malaysia.

Nasi ayam hainan menu anak
Nasi Ayam Hainan

Menurut artikel - artikel yang mama baca, nasi ayam Hainan yang dibuat oleh orang Hainan awalnya tidak seperti Nasi Ayam Hainan yang kita kenal saat ini. Jadi setelah ayam direbus, ayamnya direndam dalam air es supaya kulitnya licin dan kenyal. Kemudian kuahnya dibuat menjadi sup, dan keduanya dihidangkan dengan nasi yang dimasak dengan santan.

Kemudian orang - orang Hainan berkelana hingga ke Singapura serta Malaysia. Dan disana mereka memasak nasi Ayam Hainan dengan menyesuaikan citarasa lokal dan warga sekitar. Seperti dengan menambahkan jahe dan bawang putih. Nasi juga tidak dimasak dengan santan, tapi dimasak dengan menggunakan kuah kaldu rebusan ayam.


Nah, beberapa waktu yang lalu, Mama tetiba kepingiiin banget makan nasi Ayam Hainan yang bener - bener enak. Karena beberapa kali membeli nasi Ayam Hainan di restoran, tapi rasanya kok biasa saja nggak ada istimewa - istimewanya. Sementara banyak yang bilang kalau nasi Ayam Hainan itu enak banget.

Dan setelah berselancar di dunia maya, akhirnya mama menemukan resep Nasi Ayam Hainan yang simple di Cookpad nya Finny Puspitasari. Resepnya di recook oleh banyak orang, jadi pikir mama, resep nasi ayam Hainan yang satu ini pasti enak. Bikin nasinya juga memakai magic jar atau rice cooker. Jadi emang sesimple itu.

Nasi ayam hainan menu anak


Setelah mencoba dengan menyesuaikan bahan - bahan yang ada, ternyata membuat nasi ayam hainan itu nggak sesulit yang dibayangkan. Dan rasanya juga enak banget. Nasinya itu guriiih banget. Segitu enaknya sampai anak - anak nyomotin nasi melulu di magic jar langsung pakai tangan. 

Menu Nasi ayam Hainan ini menurut mama cocok banget buat anak - anak. Dijamin deh, anak - anak pasti maknnya lahap. Buat suguhan keluarga besar juga bisa.


Nah, setelah mencoba memasak nasi ayam Hainan, setidaknya ada beberapa hal yang menjadi catatan mama dalam membuat nasi Ayam Hainan.

  • Pemilihan ayam

Untuk membuat Nasi Ayam Hainan, sebaiknya menggunakan ayam utuh. Ayam kampung tentunya memiliki citarasa yang lebih gurih dibanding ayam boiler. Menggunakan potongan sayap ayam atau paha ayam juga boleh - boleh aja sih, karena masih memiliki tulang dan kulit sehingga kaldu rebusannya memiliki citarasa gurih. 

Nasi ayam hainan menu anak
Paha ayam favorit anak


  • Pembuatan kaldu ayam

Untuk menghasilkan kaldu ayam yang gurih, ayam baiknya direbus cukup lama, minimal 30 menit dengan menggunakan api kecil untuk mengeluarkan sari - sari ayamnya.

Nasi ayam hainan menu anak
Kaldu ayam yang gurih


  • Memasak nasi

Memasak nasi dengan cara manual (diaron kemudian dikukus), konon katanya menghasilkan citarasa nasi yang lebih pulen dan enak. Namun menurut mama, nasi yang dimasak dengan rice cooker atau magic jar juga enyak kok. Hanya saja pengalaman kemarin memasak nasi ayam hainan fengan menggunakan rice cooker memang sedikit tricky. Jadi setelah tombol rice cooker berubah dari cook ke warm, ketika mama cek, nasinya masih belum matang dan sedikit berair. Jadi nasi mamah aduk - aduk lagi, kemudian tekan tombol cook lagi, barulah nasi matang sempurna.

Nasi ayam hainan menu anak
Siap dicetek di magic jar


  • Pembuatan saus

Di resep asli, citarasa sausnya menurut mama citarasanya kurang nendang, jadi mama tambahkan sedikit gula supaya rasanya pas. Jadi disesuaikan dengan lidah masing - masing saja. Karena memasak itu bukan soal benar atau salah kan, tapi soal selera.

Okayyy, begitulah cerita tentang nasi Ayam Hainan hari ini. Selamat mencoba di rumah mommies :)

Nasi ayam hainan menu anak
Set nasi ayam Hainan ala mama Unakira



Cobain resep beef bowl ala Mama Unakira juga ya. Ini buatnya gampang banget loh

0 Response to "Nasi Ayam Hainan Untuk Menu Makan Siang Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel