Steak Ayam Crispy Saus Asam Manis untuk Anak

Resep steak ayam crispy

Kangen banget makan steak ayam crispy di Waroeng Steak Bogor. Tapi karena sedang pandemi begini, mau nggak mau belum bisa jajan steak ayam crispy ke Waroeng Steak. Bisa aja sih delivery. Tapi kalau makan steak ayam crispy model hot plate seperti di Waroeng Steak kan lebih enak dine in ya kakk.

resep steak ayam crispy
Steak Ayam Crispy / sumber : @warongsteak


Sedikit bernostalgia, Mama Unakira, pertama kali mengenal steak ayam crispy di Waroeng Steak ini, kurang lebih belasan tahun yang lalu waktu masih gadis kinyis - kinyis berseragam abu putih di sebuah sekolah negeri di semarang. 

Dulu, buat Mama yang biasanya makan ramesan, makan steak ayam crispy begini rasanya udah mevvaaah banget. Lihat saja, penyajiannya sendiri juga berkelas banget ala - ala makanan barat. Steak ayam crispynya disajikan di hotplate, lengkap dengan kentang, sayuran, serta saus steak yang mengepul ngepul kepanasan, dengan rasanya yang khas itu. 

resep steak ayam crispy
Steak Ayam Crispy / sumber : @warongsteak


Walau kelihatan mevvah begitu, namun harga seporsi steak ayam crispy dan menu lainnya di Waroeng Steak ini cukup terjangkau lhoh, bahkan untuk ukuran anak SMA pada masa itu. Karena itulah, waktu SMA dulu, Waroeng Steak ini selalu jadi andalan kami - kami saat hendak mengadakan traktiran ulang tahun, syukuran, dan lain - lain. Apalagi posisi restonya sendiri juga nggak terlalu jauh dari sekolah. Beuhh, sampe bosen kita, Waroeng Steak lagi, Waroeng Steak lagi, hahaha. 

Tapi salut banget deh sama Waroeng Steak ini, karena sampai Mama punya dua anak, restoran ini masih saja eksis, bahkan semakin melebarkan sayap kemana - mana. Hingga ke Kota Bogor, kota tempat Mama tinggal saat ini. 

resep steak ayam crispy
Steak Ayam Crispy dengan telur dan nasi / sumber : @warongsteak


Dan harganya pun masih terjangkau banget. Jadi nggak heran kalau (sebelum pandemi) resto Waroeng Steak ini selalu penuh. Apalagi kalau jajan steak ayam crispy di Waroeng Steak bareng anak suami pas lagi weekend. Yang biasanya terjadi adalah, depan, belakang, kanan, kiri, isinya anak - anak muda semua kakk.

Nah, berhubung Mama dan anak - anak juga lagi pingin banget makan Steak Ayam Crispy ala Waroeng Steak, akhirnya mama coba searching resep steak Ayam Crispy ala Waroeng Steak. 

resep steak ayam crispy
Steak Ayam Crispy saus keju / sumber : @warongsteak

Dan ketemulah resep dari blognya mbak Diah Didi. Dimana menurut penjelasan beliau di blog, resep tersebut didapat dari majalah, dengan nara sumber resep, pemilik restoran tersebut. 

Uwiii, tanpa pikir panjang langsung eksekusi dehh, biarpun sedikit kurang sreg dengan bahan sausnya yang menyertakan tomat. Karena setahu mama, tomat akan membuat rasa saus menjadi asam. Sementara, saus steak ayam crispy di Waroeng Steak, rasanya cenderung gurih. 

Dan benar saja, setelah di recook, sausnya terasa asam manis, berbeda jauh dengan yang biasa dimakan di resto, hihi. Tapi teteup enak lhooo, Una dan Kira malah doyan banget sausnya, dijulid - julid melulu saking doyannya.

Rasa crispy dari steaknya juga  juga bukan yang crispy kriuk, tapi crispy empuk gitu deh. Mungkin karena pelapisnya pakai telur ya. Tapi yang begini malah pas banget nih buat anak. Karena nggak terlaku keras, dan gampang dimakannya

Dengan sedikit modifikasi resep menyesuaikan selera, akhirnya Mama namai steak ayam crispy saus asam manis aja deh, hehe. 

Untungnya anak - anak suka, sausnya juga bergizi banget karena terbuat dari kaldu ceker dan tomat. 

Berikut ini video cara memasak steak ayam crispy saus asam manis ala Mama Unakira ya. 


0 Response to "Steak Ayam Crispy Saus Asam Manis untuk Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel