Mau Untung Nggak Tangung - tanggung? Jualan Online di Blibli.com Saja


Menjadi pedagang di masa kini tak seperti di masa dahulu yang memerlukan banyak modal atau upaya. Asal punya produk yang bisa dijual, kita bisa berdagang kemana – mana, bahkan hingga ke berbagai penjuru dunia. Kini, hanya dengan smartphone dan kuota, kita bisa berdagang di dunia maya, dengan cara jualan online.


Jualan Online Blibli


Saya ingin jualan online, tapi bagaimana mencari pelanggan yang mau membeli produk saya?
Bagi pedagang pemula, pertanyaan seperti ini pasti muncul di benak pikiran dan terkadang membuat risau hati. Tapi tak perlu khawatir, karena saat ini kita bisa menemukan beragam marketplace yang dapat menjembatani para penjual dan pembeli agar bisa bertemu dan bertransaksi. Kehadiran marketplace ini tidak hanya memanjakan para pembeli agar bisa berbelanja dan cuci mata hanya dengan sentuhan jari. Tapi juga memberikan ruang bagi para pedagang agar bisa menjajakan produknya dengan lebih mudah tanpa harus kesana kemari.

Dengan jualan online lewat marketplace, kita tak perlu membuka toko fisik yang biaya sewanya terhitung mahal bagi sebagian orang. Sehingga tak ada kewajiban untuk selalu buka tutup toko setiap hari seperti layaknya orang kantoran. Kita bisa berdagang dengan lebih flexible. Bisa terima order dimana saja dan kapan saja, meski sedang panas terik atau hujan badai.

Sedangkan bagi yang sudah memiliki toko fisik, berjualan online lewat merketplace akan lebih meluaskan jangkauan pasar produk kita. Tak terbatas pada para pelanggan yang datang ke toko saja.

Kita juga tak perlu terlalu pusing memikirkan soal strategi pemasaran untuk menarik pelanggan. Cukup pikirkan kualitas produk dan etika yang baik dalam berdagang. Karena marketplace pada umumnya sudah memiliki strategi bisnis sendiri untuk menarik para pembeli agar berdatangan.  

Kemudahan berjualan online lewat marketplace seperti ini, akhirnya membuat siapa saja bisa jadi pedagang.

Contohnya teman baik saya, Ema. Ibu rumah tangga yang memutuskan berjualan online di tengah – tengah kesibukkannya merawat rumah tangga dan 1 orang balita.  

Bagi Ema, jualan online adalah pilihan paling ideal untuknya. Yang punya pemikiran idealis ingin bisa merawat anak, namun juga tetap bisa berpenghasilan. Meskipun aktivitasnya kebanyakan hanya di rumah, jualan online lewat marketplace membuatnya bisa meraup untung yang nilainya lumayan untuk ukuran ibu rumah tangga.

Lain lagi dengan seorang kawan lain yang saya kenal di media sosial. Sebut saja Nita. Nita ini wanita yang ulet dan tangguh. Status pegawai kantoran tak menghalanginya untuk mencari sampingan lewat berdagang. Diantara berbagai perannya sebagai seorang pegawai sekaligus ibu dan istri, Nita rupanya masih bisa meluangkan waktu untuk berjualan pakaian anak secara online lewat marketplace. Berkat keuletannya itu, Nita bisa meraih untung jualan online yang nilainya nggak tanggung – tanggung, yaitu setara dengan gaji bulanannya sebagai seorang pegawai.

Wow, inspiratif sekali ya.

Pertanyaannya, dari beragam market place yang ada, manakah yang memberikan penawaran paling menarik untuk para penjualnya?
Karena seperti yang kita tahu, marketplace pada umumnya berlomba – lomba menarik perhatian para pembeli dengan beragam promo, undian berhadiah, gratis ongkos kirim hingga potongan harga. Lalu bagaimana dengan penjual?. Apakah bergabung dengan marketplace membuat jualan mereka semakin untung, atau malah buntung karena berbagai syarat dan ketentuan yang tak berpihak pada penjual?

Jualan untung nggak tanggung – tanggung dengan Blibli.com

Sebagai salah satu member Blibli.com, sudah tak terhitung berapa kali saya berbelanja disana. Mulai dari belanja gadget, laptop, lemari sepatu, sepeda anak, hingga sabun mandi.

Ketika sedang mencari – cari produk di Blibli.com, saya betah berlama – lama sekaligus cuci mata karena foto – foto produk di Blibli.com terlihat bersih dan professional. Rasanya memang seperti sedang belanja di mall.

Selain gratis ongkirnya yang menguntungkan buat pembeli, saya juga terkesan dengan packaging produk yang dikemas dengan rapi dengan kemasan dari Blibli.com. Karena pernah suatu ketika saya membeli sabun mandi, pesanan saya itu dikemas dalam box yang bagus, dengan tambahan bubble wrap di dalamnya. Padahal hanya sabun mandi ya. Tapi Blibli.com benar – benar memperhatikan agar produk yang saya beli ini tidak rusak di perjalanan.

Hanya sesederhana soal kemasan. Namun semenjak itulah saya menaruh kepercayaan pada Blibli.com. Bahwa ketika saya membeli produk di Blibli.com, maka barang itu akan sampai di tangan saya dalam keadaan yang baik dan utuh.

Jadi dari sisi pembeli seperti saya, jika penjual ingin membangun kepercayaan akan toko online yang dimilikinya, maka jangan ragu untuk bergabung dengan Blibli.com. Karena Blibli.com sendiri juga memiliki berbagai penawaran menarik untuk penjual atau merchant yang bergabung bersama Blibli.com. Penawaran menarik ini tidak hanya membuat kita mudah dalam berjualan online, namun juga membuat kita meraih banyak untung.

Nggak percaya jualan di Blibli.com bisa meraih untung nggak tanggung - tanggung? Coba simak kata mereka yang sudah mendulang sukses dan tumbuh bersama Blibli.com.

Jualan Online Blibli


Lalu apa saja penawaran menarik yang dapat kita peroleh dengan bergabung menjadi merchant Blibli.com? Kita ulas satu persatu yuk.

1. Keluasan pilihan kategori

Bllibli.com mampu mengakomodir produk apapun yang hendak kita jual online. Karena setidaknya ada 16 kategori utama yang tersedia. Dimana setiap kategori utama tersebut memiliki kategori turunan atau sub kategori.

Misalnya pada kategori ibu dan anak, dibagi lagi menjadi 23 sub kategori. Seperti perlengkapan makanan bayi, perlengkapan pesta, pakaian bayi, pakaian anak perempuan, dan lain sebagainya. Untuk memudahkan pencarian, beberapa sub kategori ini bahkan masih ada yang masih dibagi lagi dalam sub – sub kategori lainnya agar lebih spesifik.

Jualan Online Blibli

Jadi saya rasa tak perlu khawatir jika Anda hendak berjualan di Blibli.com. Karena Blibli.com menjamin anda dapat berjualan online dengan keluasan pihan kategori yang dimilikinya.

2. Gratis foto produk

Dalam transaksi jual beli online suatu produk, foto produk adalah kesan pertama yang ditangkap oleh pembeli, karena mereka tak dapat melihat dan memegang produk secara langsung. Foto produk mempengaruhi kesan pembeli terhadap toko online Anda. Semakin bagus foto yang ditampilkan, maka toko Anda akan terlihat professional meski baru berjalan. Foto produk juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli untuk lanjut ke pemesanan atau tidak.

Di paragraph atas saya sempat menyinggung soal foto – foto produk di katalog Blibli.com yang tampak bersih dan professional. Hal ini ternyata tak lepas dari benefit gratis foto produk yang ditawarkan oleh Blibli.com pada penjual.

Jualan Online Blibli

Jadi ketika Anda merasa tak memiliki kemampuan fotografi yang mumpuni untuk memotret suatu produk, tak perlu risau. Karena ketika toko Anda sudah aktif dan terdaftar di Blibli.com. maka Anda dapat mangajukan benefit gratis foto produk ini ke Blibli via laporan. Dan selanjutnya tinggal mengikuti proses yang ada, foto produk yang berkualitas bisa segera Anda kantongi untuk diupload di toko online Anda.

3. Gratis kemasan

Yang menarik dari paket – paket yang saya terima dengan pembelian lewat Blibli.com, paket tersebut selalu terbungkus dengan logo Blibli yang beragam dan dikemas dengan aman. Hal ini karena Blibli.com mengutamakan keselamatan barang yang kita pesan agar selamat sampai tujuan.

Jualan Online Blibli

Untuk melindungi produk kita agar tidak rusak selama perjalanan, Blibli juga menyediakan fasilitas kemasan box GRATIS untuk penjual. 


4. Gratis biaya kirim

Dalam transaksi jual beli online, ada ongkos tambahan yang dibebankan ke pembeli agar barang bisa dikirim, berupa ongkos kirim. Kadang – kadang ongkos kirim atau ongkir ini, membuat pembeli mikir – mikir lagi ketika hendak memutuskan jadi membeli barang atau tidak. Karena kadang – kadang, ongkir saja nilainya bisa separuh dari harga jual produk jika pengirimannya harus antar pulau.

Nah, salah satu ciri khas Blibli.com adalah produk – produknya gratis biaya kirim ke seluruh Indonesia, untuk setiap produk regular. Gratis ongkir ini bagi saya merupakan daya tarik yang sangat kuat bagi pembeli untuk belanja di Blibli.com tanpa merasa rugi.

Jualan Online Blibli

Sedangkan bagi penjual,  gratis ongkir ini memberikan posisi tawar yang lebih tinggi karena kita menjual produk dengan harga jual asli.

5. Kemudahan proses pengiriman

Blibli.com juga menjamin jangkauan customer Anda semakin luas dan bertambah. Tak terbatas antar kota dalam propinsi saja. Tapi juga antar pulau di seluruh Indonesia. Karena Blibli.com memberikan kemudahan bagi penjual dalam proses pengiriman barang kepada pembeli. Berkat kerjasama Blibli.com dengan lebih dari 30 jasa logistic di Indonesia.

Jualan Online Blibli

6. Asuransi pengiriman produk

Sebagai penjual online, tentunya rasa was – was dan harap – harap cemas sering kita rasakan ketika mengirim barang dagangan. Masalahnya meskipun sudah berusaha memastikan barang aman dalam bentuk kemasan, tetap saja ada faktor  tak terduga lain yang mengganggu proses pengiriman barang di tengah jalan sehingga berpengaruh terhadap kondisi barang. Misalnya saja musibah, dan lain sebagainya.

Namun tak perlu cemas jika kita bergabung menjadi merchant Blibli.com. Karena produk yang kita kirim diproteksi dengan Asuransi.
Jualan Online Blibli


7. Layanan Merchant Care

Blibli.com merupakan salah satu marketplace yang memperhatikan kenyamanan dan kepuasan merchant. Oleh karena itu jika ada merchant yang merasa kesulitan, hendak bertanya atau mengajukan keluhan, Merchant Care Blibli siap membantu menyelesaikan masalah Anda. Beroperasi setiap hari sejak pukul 08.00 hingga 20.00 WIB, Merchant Care Blibli.com dapat dihubungi melalui email di merchant.care@blibli.com, atau sambungan telepon di 021-5797-7777.  


Jualan Online Blibli


Blibli.com juga mengajak para merchant untuk tumbuh bersama, sehingga ada banyak fasilitas yang disediakan oleh Blibli untuk mendukung peningkatan penjualan maupun performa toko Anda. Misalnya webinar, training MTA yang diadakan setiap bulan, maupun workshop untuk para merchant. Agar tidak ketinggalan updatenya, merchant dapat mengikuti Instagram @blibliseller untuk mendapatkan info terkini.

8. Terdepan dalam inovasi Instore

Inovasi Instore termasuk program baru di Blibli.com. Inovasi ini memungkinkan pembeli membeli produk secara offline, namun tetap dapat merasakan keuntungan berbelanja secara online. Seperti promo Blibli, loyalty program dalam bentuk rewards, maupun metode pembayaran yang fleksibel. Contohnya Blibli Instore menerima semua kartu kredit dengan cicilan 0%..

Banyak merchant telah bergabung dengan Blibli Instore dan menikmati fasilitas pembayaran online dengan inovasi Instore ini.  

***
Buat kamu yang hendak memulai berjualan online di Blibli.com, begini alur berjualan di Blibli.com.

Jualan Online Blibli

Nah, bagaimana? Sudah mulai tertarik berjualan di Blibli.com? Saya sendiri meyakini bahwa tumbuh bersama Blibli.com memang terlihat menjanjikan. Jadi buat kamu yang hendak berjualan online, tunggu apalagi? Bergabunglah segera sebagai merchant Blibli.com dan raihlah untung yang nggak tanggung - tanggung. 



 


19 Responses to "Mau Untung Nggak Tangung - tanggung? Jualan Online di Blibli.com Saja"

  1. Asyik banget kalo jualan di BliBli banyak benefit yg bisa didapatkan yaaa
    Hassle free pula!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, soalnya Blibli.com juga memperhatikan kenyamanan penjual 😊

      Delete
  2. mau juga ah nyoba dagang di blibli, saya mau pasarin pembalut kain saya, kalo pembeli secara onlin sih ada aja, tapi kalo bisa menjangkau yang lebih luas, kenapa ngak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woowww, bikin sendiri mbak? Pembalut go green berarti ya? Coba aja mbak..

      Delete
  3. Sampai saat ini masih sebatas pembeli saja di blibli. Baca-baca gini pengen juga jualan, tapi terus bingung, mau jualan apa ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum kepikiran produk yang ingin dijual, sementara jadi pembeli dulu juga gakpapa mbak, hehe

      Delete
  4. Fasilitas yang ditawarkan blibli ke seller online banyak juga ya, saya kira blibli tak menerima pedagang retail. Cara berjualannya juga mudah. Ada gratis ongkir pula, coba cek etalase blibli abis ini. hihi

    ReplyDelete
  5. Bagi pebisnis online, bekerja sama dengan marketplace seperti Blibli ternyata banyak manfaatnya ya. Kayaknya gak perlu repot ngurus strategi pemasaran, karena Blibli sudah punya strateginya sendiri.

    ReplyDelete
  6. Belom pernah daftar jd seller blibli akuh.. Pernahnya di toko sebelah..nanti mau coba ah..

    ReplyDelete
  7. Verifikasi produknya gimana? Kita kirim foto dan spesifikasinya atau kita kirim sample? trus kalau mau benefit foto gratis itu apa tim blibli nya datang ke store offline kita ya?

    ReplyDelete
  8. Wah baru tahu, jadi memang siapa saja bisa buka toko online di blibli gitu ya? modelnya marketplace kaya shopee begitukah?

    ReplyDelete
  9. Aku beberapa kali belanja di Blibli, tapi belum memanfaatkan jualan di situ. Tetanggaku yg sudah duluan, karena dia memang punya usaha kaos sablon dan sepatu lukis.

    ReplyDelete
  10. Suamiku udah jadi reseller blibli tapi aq ga paham sampai skg wkwkwk dan alhamdulillah sih sampai skg dapat keuntungan nya lumayan

    ReplyDelete
  11. Berjualan di e-commerce atau market place itu justru pelanggan datang sendiri dan karena butuh mereka yang mencari produk kita. Jadi lebih efektif.

    ReplyDelete
  12. Sejak awal kenal Blibli memang sudah jatuh cinta
    Hanya saja aku terkendala pada disiplin waktu upload barang jualan

    ReplyDelete
  13. AKu juga suka belanja di Blibli Mbak, malah Blibli ini langganan aku awal2 suka belanja online. Suka sama promo gratis ongkirnya dan packagingnya memang rapi sih... puas deh belanja di Blibli.

    ReplyDelete
  14. Wah kenetulan banget aku punga barang yg mau aku jual tapi bingung mau dijual dimana sampai nunggu pagi

    ReplyDelete
  15. Pengen belajar serius nih buat punya usaha online, tapi udah sering juga belanja di Bibli, lebih mudah ya, dibanding jadi penjualnya 😊

    ReplyDelete
  16. Pengen punya tempat jualan seperti di Bibli ini, tapi ku masih kurang fokus dan nggak disiplin.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel