Mencoba Mencari Manfaat Jus Seledri


Beberapa waktu yang lalu adik ipar saya terduga kena sakit batu ginjal. Baru terduga saja sih melihat gejala dan hasil USG yang menampakkan ada sumbatan di salurann ginjalnya. Diagnosanya sendiri belum keluar karena hari ini adik ipar saya itu baru hendak CT Scan dan konsultasi lagi ke dokter.

Tapi sudah jelas kalau ada sedikit masalah di ginjalnya. Saya jadi teringat pengobatan traditisional menggunakan air rebusan seledri yang konon katanya bagus untuk mengatasi penyakit batu ginjal secara alami. Caranya cuma seikat seledri direbus dalam air, air rebusan tersebut diminum pada pagi hari sebelum sarapan ketika perut masih kosong. Hasilnya dalam beberapa hari akan keluar kristal – kristal ginjal yang sudah menyumbat saluran ginjal tersebut. Kurang lebih seprti itu testimoni yang pernah saya baca.

Berhubung adik ipar saya ini anak kosan dan tidak tinggal dekat dengan keluarga, pengobatan traditional macam ini memang tidak praktis ya. Lagipula tidak ada peralatan untuk memasak di kos tempat tinggalnya. Jadi ia lebih memilih untuk minum obat dari dokter saja yang tinggal glek.

Selain untuk campuran masakan dan mengobati batu ginjal, saya jadi teringat pernah membaca banyak artikel mengenai berbagai manfaat seledri yang sangat baik untuk tubuh kita.



Salah satunya cerita yang beberapa kali sliwar sliwer di timeline facebook bertahun – tahun yang lalu. Jadi, ada seorang mbak – mbak yang punya kulit wajah glowing dan mulus layaknya anaknya remaja. (Biarpun realitanya anak remaja biasanya punya wajah berenjolan  karena panen jerawat. Ini mah saya, abaikan saja XD.) Ternyata rahasia kulit glowingnya itu karena rajin minum jus seledri setiap hari.

Waktu itu saya nggak terlalu excited. Biasa – biasa saja. Tapi gara – gara kasus adik ipar ini, akhirnya saya jadi penasaran sendiri dengan khasiat seledri.

Kebetulan juga di timeline berita gossip ada sepasang artis, yaitu mbak Chelsea dan mas Glenn yang sedang challenge 7 hari minum jus seledri gara – gara di racuni mbak Paula Verhouvenn.  Mbak Paula istrinya mas Baim Wong itu kan memang cantik dan glowing banget ya, jadi sepertinya jus seledri ini memang beneran bagus untuk kesehatan kulit.

Manfaat Jus Seledri

Kenapa akhirnya Chelsea dan Glenn menerima challenge ini, karena Paula sudah membuktikan sendiri khasiat jus seledri ini sehingga mereka akhirnya tertarik juga meskipun membayangkan rasa jus seledri itu udah iyuh banget.

Setidaknya ada 13 manfaat yang mereka jelaskan dari rutin meminum jus seledri setiap hari. Berhubung mereka jelasinnya in English, saya tulis in English juga ya disini.
  1. Prevent cancer
  2. Lowers cholesterol
  3. Controls blood pressure
  4. Prevents digestive disorders
  5. Prevents calcification
  6. Maintains Acid-Base balance
  7. Anti inflammatory action
  8. Hydrates skin
  9. Diuretic
  10. Aids in weight loss
  11. Treats insomnia
  12. Calm your nerve
  13. Help skin problem
Setelah 7 hari minum jus seledri, Chelsea dan Glenn merasa jus seledri ini sedikit mengatasi masalah insomnia mereka. Kalau biasanya jam 3 – 4 pagi mereka baru bisa tidur, setelah 7 hari minum jus seledri, jam 11 malam kok udah berasa ngantuk banget. Jerawatnya Chelsea juga agak mengering, padahal nggak diapa – apain. Terlepas dari sugesti atau faktor lainnya ya.

Saya sendiri sebenarnya juga punya sedikit masalah juga dengan insomnia. Mau tidur jam berapapun, meskipun sudah ngantuk tapi tetap saja saya nggak bisa langsung tidur seperti suami yang nempel bantal langsung molor.

That’s why akhirnya saya jadi pingin nyobain juga nih khasiat jus seledri ini.

Kandungan Seledri

Manfaat  jus seledri yang beraneka ragam itu tentunya tak lepas dari kandungannya zat – zat yang ada di dalamnya kan.

Dilansir dari ardra.biz, kandungan terbanyak yang dimiliki oleh seledri adalah air yang mencapai hingga 93%. Kandungan lainnya adalah karbohidrat, protein, lemak. Vitamin C, serta dan beberapa mineral seperti kalium, zat besi dan fosfor.

Senyawa yang terkandung dalam seledri diantaranya adalah flavonoids, apiin, saponin, tannin, minyak asiri, neocnidilide, coumarins, alpha selinene, phenolic acid, glycolic acid, acetylenics, kolin, lipase, asam folat, sejumlah vitamin dan mineral seperti sodium, kalium, kalsiu, fosfor, besi, magnesium, vitamin A, C, B1, B2, B6 dan serat. Seledri memiliki kandungan sodium yang lebih tinggi dibanding dengan kebanyakan sayuran lainnya.

Dalam serratus gram seledri terdapat protein 0.9 gram, karbohidrat 4 gram, lemak 0.1 gram, serat 0.9 gram, kalsium 50 miligram, zat besi 1 mg, kalium 400 mg.

Waktu minum jus seledri

Waktu yang tepat untuk minum jus seledri adalah pada pagi hari ketika perut kosong, atau 30 menit sebelum sarapan. Kalau ingin meminumnya pada siang hari juga boleh – boleh saja asal pastikan perut dalam keadaan kosong, atau 2 jam setelah makan.

Bukan hanya jus seledri saja, jus – jus yang lain juga sebaiknya diminum ketika perut dalam keadaan kosong agar kita mendapatkan manfaat yang maksimal dari jus tersebut.

Minum jus dengan perut kosong memungkinkan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya langsung menuju aliran darah sehingga dapat terserap langsung oleh tubuh. Ketika ada makanan lain yang sebelumnya udah dikonsumsi, tentunya nutrisinya tidak segera terserap sehingga kandungannya teroksidasi dan berkurang khasiatnya

Cara membuat jus seledri

Setidaknya ada 3 jenis seledri yang biasa dimanfaatkan oleh orang – orang. Ada seledri daun atau seledri sop yang biasa kita kenal dan mudah ditemukan di penjual sayur. Ada seledri batang yang berbatang besar. Ada pula seledri umbi yang batangnya menyerupai umbi.

Nah, jus seledri yang dibuat Chelsea dan Glenn itu dibuat dari seledri batang, gaes. Mereka membuat jusnya dengan menggunakan juicer, sehingga jus yang mereka minum itu adalah sari seledri murni tanpa ampas.  

Seledri batang

Entah berapa jumlah seledri yang digunakan, tapi jus yang mereka minum itu jumlahnya 500 ml sekali minum. Membayangkannya saja saya mual sebenarnya, hehe.

Jenis seledri batang ini memang nggak umum ya di Indonesia, jadi kita hanya bisa mendapatkannya di supermarket - supermarket tertentu.

Tapi kalau ingin merasakan manfaat jus seledri ini kita masih bisa menggunakan seledri daun yang lebih familiar kok. Cara membuatnya diblender dengan air matang, lalu dikonsumsi. Supaya nggak aneh, kita bisa mencampurnya dengan bahan – bahan lain. Misalnya ditambah nanas + madu, jeruk nipis + madu, atau apel + madu.

Kalau jus seledri yang saya buat dibawah ini komposisinya terdiri dari 1 kuntum seledri (4 batang seledri), 2 potong nanas, 1 sdm madu + 100 ml air.



Ternyata rasanya nggak seaneh yang saya pikir sebelumnya. Seger dan acceptable di lidah. Tapi..setelah minum jus ini rasa seledrinya nggak hilang – hilang. Bernafas pun baunya seledri, heuheu. Padahal kayaknya ini mah baru icip – icip aja, kurang banyak seledrinya. Besok mungkin ditingkatkan lagi jadi 2 kuntum supaya manfaatnya lebih maksimal :D.

Oia, setelah minum jus seledri ini usahakan jangan makan dan minum apapun sampai 30 menit ya supaya nutrisinya cepat terserap tubuh.

Berhubung baru sekali minum, jadi saya belum bisa merasakan manfaat dari minum jus seledri ini. Nanti setelah 7 hari, saya update lagi ya hasilnya.

Terus, bagi yang penasaran sama  Chelsea dan Glenn challenge 7 hari minum jus seledri, monggo diintip - intip videonya :D





Ada yang punya pengalaman dengan manfaat jus seledri? Jangan sungkan untuk membagikan di kolom komentar ya.


Update setelah 7 hari:

Jadi setelah 7 hari mengkonsumsi jus seledri ini, manfaat yang saya rasakan badan jadi lebih segar. Tidak ngantukkan seperti biasanya. Untuk masalah sulit tidur masih sama saja ya rasanya, nggak ada perubahan. Yah, memang salah juga karena kebiasaannya tidur diatas jam 11 malam.

Tapi yang terasa banget itu setelah bangun tidur. Biasanya saya terbangun dengan kondisi yang badan tu pegel banget rasanya, males dan masih ngantuk karena merasa kurang tidur. Tapi setelah konsumsi jus seledri ini bangun tidur rasanya fresh (seriusan), padahal tidur cuma 5 jam-an. 

Meskipun bermanfaat buat tubuh tapi saya kayaknya sekali - kali aja minum jus seledri. Karena hari - hari terakhir minum jus seledri ini rasanya pingin muntah. Yaaa karena saya bikin jusnya dari 3 kuntum seledri..hahaha, berlebihan kayaknya ini mah, karena berasa makan rumput @_@.

Jadi batas yang masih nyaman diminum untuk saya itu 2 kuntum seledri pakai jeruk nipis, madu dan nanas/pir. Kalo untuk rasa yang lebih nyaman di lidah, seledrinya pakai 1 kuntum saja.

Semoga bermanfaat yaaa. Salam sehat.

16 Responses to "Mencoba Mencari Manfaat Jus Seledri"

  1. Seger kok jus seledri. Apa lagi kalau ditambah nanas, madu dan jeruk nipis 😍

    ReplyDelete
  2. wuaaaaahhhhh, jadi penasarn mau cobain jus seledri jugaaaaaa. Wlalaupun rasanya pasti agak unik, tapi manfaatnya oke banget yaaaaa. Besok belanja seledri ke pasar aaaahhhh :D

    ReplyDelete
  3. Aduh aduh kebayang rasanya aneh ga sih mak? Kayak klo abis kemakan bawang baunya juga ga ilang-ilang. Tapi aku baru tau kalo seledri banyak banget yah manfaatnya, terutama buat si batu ginjal tadi. Makasi sharingnya maak

    ReplyDelete
  4. Kalau seledri untuk batu ginjal udah tahu dari lama siy, ini percaya karena yg ngomong gurunya mertua saya, sudah sepuh diabetes tapi terlihat bugar dan sehat. Kalau untuk yg bikin glowing ini yg baru ngerti, langsung tertarik, bikin rutin ahhh, thanks mbak infonya

    ReplyDelete
  5. Seledri mwmang banyak manfaat ya mba.. saya suka makan yg agak besar2 memang, dan nanas selalu membuat jus jadi lebih enak

    ReplyDelete
  6. Nggak pake gula Mbak? Aku ngebayanginnya langu ih.

    ReplyDelete
  7. Aku pernah coba bikin jus bayam, kangkung wkwk iseng banget dan kayak uji nyali, memang kudu dicampur biar rasanya tak terlalu kentara ya mak..sekarang jus tomat dan wortel tiap hari, tapi tertaril sama khasiat jus seledri ini, makasih yaaa

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen nyoba mbikin jus seledri aku mb. Aku malah taunya, seledri ini penurun tensi mb..jadi biasanya klo yang punya riwayat hipertensi, diminta konsumsi banyak seledri

    ReplyDelete
  9. Belum pernah ngerasain, Mak. Jadi penasaran setelah 7 hari atau sebulan, apa khasiatnya. Diceritain di blog lagi, ya. Kalau berkenan nge-tag saya @Mugniar di Twitter, hehe. Nanti saya RT-in :). Makasih, Mak.

    ReplyDelete
  10. Pengen nih sekali-kali nyobain jus seledri. . khasiatnya banyk banget ya..

    ReplyDelete
  11. Aku pernah membuat jus seledri ini untuk mama mertua, mba. Beliau punya tekanan darah tinggi, bagus katanya jika diturunkan pake jus seledri. Rasanya ya memang aneh sih, tapi hasilnya bagus kok untuk menyehatkan badan.

    ReplyDelete
  12. Dulu waktu almarhum ibu saya masih hidup, sering banget membuat jus seledri. Gunanya untuk meredakan rasa sakit rematik di kakinya. Sekarang kalau tercium bau seledri yang harum itu, rasanya agak sedih 😥

    ReplyDelete
  13. Ngebayangin rasanya pasti gak enak ya mba. Tapiii klo buatnya dicampur nanas dan madu seperti yang mba buat, masih kebayang enaknya karena ada rasa manis dari madu dan nanas. Aku pikir pure seledri aja. Bakal uek aku klo cuma seledri aja.

    ReplyDelete
  14. Jadi penasaran bagaimana khasiat seledri di tubuh saya sendiri... pengen coba juga tapi masih sering lupa terus pas mau eksekusi, sampe sampe sekarang belum terlaksana.

    ReplyDelete
  15. Wow bikin seger badan yaa .... boleh juga inih dicoba.

    Terima kasih sudah colek di Twitter ya mbak :*

    ReplyDelete
  16. wah boleh dicoba bagi yang suka ngantuk di kantor :p

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel