Resep Tahu Bakso Balita ala Unakira

resep tahu bakso


Di kampung halaman mama kota Ungaran, tahu bakso adalah salah satu oleh - oleh wajib yang harus diborong sebelum pergi meninggalkan Ungaran. Pokoknya, belum ke Ungaran kalau belum beli tahu bakso,

Di sepanjang jalan utama kota Ungaran, kita bisa dengan mudah menemukan oleh - oleh ini karena semenjak panganan tahu bakso semakin ngetren dan jadi buruan para turis, penjual tahu bakso di Ungaran jadi ikut menjamur. Dimana - mana ada. Saking banyaknya penjual tahu bakso kita sampai bingung sendiri mau beli di toko yang mana.

Kalau menurut mama, tahu bakso terenak di kota Ungaran ya tahu bakso Bu Pudji. Memang sih tahu bakso Bu Pudji ini harganya paling mahal diantara penjual tahu bakso lainnya, terakhir beli sekotak Rp 38.000 isi 10 biji. Tapi ada harga pastinya ada rasa. Soalnya memang enak, tahunya enak, isian baksonya juga banyak dan royal, serta terasa dagingnya. 

Tahu bakso Bu Pudji ini memang pelopor hadirnya tahu bakso yang ikonik di Kota Ungaran. Dulu itu seingat mama, Bu Pudji ini mengawali usaha tahu baksonya dari sebuah gerobak kecil yang mangkal di depan SMA 1 Ungaran, harganya cuma 500 perak per biji.

Karena enak akhirnya tahu bakso Bu Pudji ini selalu laris manis, getok tular dari mulut ke mulut sehingga banyak menerima pesanan. Lama kelamaan usahanya makin berkembang hingga membuka ruko dan cabang kedua di kota Ungaran juga.

Tahu bakso yang enak lainnya ada Tahu Bakso Tumino. Ternyata pak Tumino ini masih bersaudara dengan Bu Pudji, makanya rassa tahu baksonya hampir mirip - mirip dengan harga yang lebih miring. Tapi tetep sih, juaranya tahu bakso Bu Pudji. Hanya saja jika ingin bawa oleh - oleh tahu bakso yang banyak Tahu Bakso Tumino ini bisa jadi alternatif. 

resep tahu bakso
Tahu kopong / tahu sumedang siap diisi adonan bakso

Ayahnya Una Kira itu kalau ke Ungaran pasti wajib beli tahu bakso buat disetok di rumah Bogor. Soalnya di Bogor emang nggak ada sih penjual tahu bakso yang rasanya seenak bu Pudji. Kalau tahu baksonya sudah habis dan ayah lagi kepengen banget tahu bakso, biasanya mamah buat sendiri di rumah.

Masalahnya Una Kira entah kenapa kurang suka makan tahu bakso sapi. Mungkin karena tekstur baksonya yang kenyal kress - kress gitu jadi mereka kurang suka. Jadi kalau buat Una Kira mamah biasanya buatkan tahu bakso yang teksturnya lebih empuk supaya lebih gampang digigit dan dikunyah. Nggak terbuat dari daging sapi, tapi dari ikan dori dan ayam giling.

Untuk ikan dorinya, biasanya mamah suka beli yang frozen di supermarket. Ikan dori frozenan ini umumnya mengandung banyak air. Coba deh dithawing, ketika ikannya sudah lembek pasti banyak air yang menggenang di sekelilingnya. Jadi waktu ngegiling ikannya mamah nggak perlu tambahin air lagi, karena ikannya sendiri udah banyak mengandung air sehingga adonan jadi lebih encer dan setelah dikukus tekstur baksonya lebih empuk gitu.

resep tahu bakso
ikan dori dan ayam giling

Kalau untuk tahunya sendiri bisa tahu model apa saja sesuai selera ya. Tapi umumnya sih pakai tahu coklat yang dalamnya kopong. Kalau di Ungaran tahu kopong untuk membuat tahu bakso bisa dibeli di pasar. Banyak banget yang jual, Di Bogor sayangnya nggak ada, hiks - hiks. Jadinya biasanya mamah pakai tahu sumedang.

Seperti biasa kalau mamah bikin cemilan macam ini buat Una Kira selalu diramaikan sama sayur mayur di dalamnya supaya padat gizi. Jadi sekali hap dapat protein dan sayurnya juga.

resep tahu bakso


Penyajiannya sendiri bisa digoreng, dibalut telur telur baru digoreng, atau anget - anget habis duukus langsung dimakan juga bisa. Alhamdulillah Una Kira doyan banget sama tahu bakso macam ini, Mangga kalau mau cobain tahu bakso balita ala unakira resepnya ada di bawah ini ya

Tahu Bakso Balita ala Unakira
resep tahu bakso

Bahan
30 buah tahu coklat kopong / tahu sumedang
250 gr ikan dori giling
150 gr daging ayam giling
1 batang wortel, parut
1 batang daun bawang, iris halus
secukupnya keju parut
1 butir telur
4 sdm tepung tapioka
2 sdm tepung terigu
1 sdm kecap ikan
1/2 sdm ketumbar bubuk
secukupnya garam, gula dan merica

Cara membuat

  1. Kecuali tahu, masukkan bahan - bahan dalam adonan dalam satu wadah, lalu aduk hingga tercampur rata menjadi adonan bakso.
    resep tahu bakso
  2. Masukkan adonan bakso ke dalam tahu yang sudah dibelah tengahnya.
  3. Panaskan kukusan, kukus tahu bakso selama 30  menit
    resep tahu bakso
  4. Tahu bakso balita siap disajikan untuk putra putri tercinta




16 Responses to "Resep Tahu Bakso Balita ala Unakira"

  1. Aduh saya jadi pengen coba di rumah... Saya pecinta Tabasss (tahu bakso) :D

    ReplyDelete
  2. Wah asyik, bisa bikin tahu bakso sendiri *pengin nyomot :D
    Aku pernah beli tahu bakso waktu di Semarang, letaknya di pojokan samping sebuah toko, aku lupa tapi itu tahu bakso merk apa. Yang enak tahu bakso Bu Pudji ya, oke noted! Wajib beli deh kalo ke Semarang.

    ReplyDelete
  3. Tahu bakso bu Pudji emang juara, saya dan anak-anak juga suka. Pernah di bawain satu dus besar sama sodara yang lagi berkunjung, nggak sampai 4 hari udah habis.

    ReplyDelete
  4. ya ampun mbak, kelihatan enak banget ya mbak buatnya, keren deh.

    Kalau aku pergi ke Ungaran pasti pengen juga deh ngerasain tahu bakso bu Rudhy, soalnya kalau makan bakso aku lebih suka tahu bakso seh, daripada bakso polosan :D

    ReplyDelete
  5. tahu bakso beda ya dengan bakso tahu, hehehe, aku juga jadi keingeten sama pempek tahu. Kalau bahannya tahu aku suka deh mo diapain aja.

    ReplyDelete
  6. gampang pisan ini mba aku jadi pengen bikin ini ah insyaAlloh liburan eksekusi, biasanya sih aku suka dikirim sama kakakku tahu bakso begini tinggal goreng tapi harganya mayan banget wkwkwk mending bikin deh

    ReplyDelete
  7. Baca post ini aku jadi ingat pernah dioleh-olehin adikku satu kardus tahu bakso pak Tumino.
    Next saat ke Ungaran coba kucari lokasi bakso tahunya bu Pudji.
    Terimakasih sharingnya, ya.

    Resepnya juga terimakasih, bisa dicoba dipraktekin pembuatannya dirumah.

    ReplyDelete
  8. Kelihatannya bikinnya praktis. Saya mau coba buat ah kapan-kapan. Lumayan buat camilan

    ReplyDelete
  9. Ibu yang bijak ibu yang selalu mekikirkan asupan gizi anaknya. Saya pikir tahu bakso penuh sayuran begini juga bakalan vocok di rumahku. Thanks share resepnya Mbak 😁

    ReplyDelete
  10. jadi isinya ikan dan ayam ya mak. sip sip, makasih udah sharing menu sehat buat anak-anak ya mba ;)

    ReplyDelete
  11. eh gampang banget sih bikinnya. Ku pikir apaan kok namanya balita, ternyata imut-imut menggemaskan tahunya

    ReplyDelete
  12. mashaAllah mba...aku jadi lapeeer. secara tahu dan bakso merupakan makanan fav. cobain ahh nanti

    ReplyDelete
  13. Hai Una, kita tetanggaan ya. Aku sejak bu Puji masih jualan di kios kecilnya udah berlangganan. Memang paling juara sih tahu bakso BU Puji. Btw, tahu baksonya bikin mupeng, apalagi ada campuran sayur gitu, aku sukaaa

    ReplyDelete
  14. Wah biasanya ikan dory cuma aku lapis tepung roti lalu digoreng. Sepertinya enak juga dibuat tahu bakso. Apalagi jadinya banyak ya, bisa buat stok nih.

    ReplyDelete
  15. Aku suka banget tahu baksom kalau beli dari Semarang 1 bungkus bisa cepet habisnya deh. Mau ah kapan-kaoan bikin pakai resepnya, makasih ya mbak.
    Ternyata isinya bisa diganti juga pakai ikan dori ya, boleh juga idenya

    ReplyDelete
  16. Aaak.. Mantul resepnya mba, langsung ku save. Cucok bgt buat cemilan anakku. Udah gitu nutrisinya lengkap bgt plus ada keju nya favorit anakku. Lumer2 pula keju nya bikin ngiler..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel