Mengatasi Batuk Sesak Nafas Secara Alami


Kurang lebih sebulan yang lalu mama mengalami batuk sesak nafas. Batuknya sedikit berdahak. sedangkan sesaknya itu, dada seperti dibebet stagen super ketat dan leher rasanya seperti setengah tercekik. Rasa – rasanya baru kali ini mama mengalami batuk sesak nafas seperti ini. Meskipun punya riwayat asma, tapi sesak nafas kali ini bukan asma, I know it.

Meskipun pelupa, tapi mama inget banget awal mula batuk sesak nafas ini terjadi setelah membersihkan kamar mandi. Saat itu mama lagi semangat banget membersihkan kamar mandi. Kebetulan tekanan air juga lagi kenceng – kencangnya. Sehingga semprotan – semprotan air yang ditujukan ke lantai dan dinding kamar mandi akhirnya mantul – mantul dan kayaknya kehirup juga sama hidung. Mungkin saat itu ada juga kuman – kuman atau virus yang ikut terhirup sehingga membuat mama jadi batuk sesak nafas, huhu.

Batuk sesak nafas kali ini cukup mengganggu aktivitas ya. Selain itu juga bikin lemot, tidurpun harus dengan beberapa tumpuk bantal yang menyangga kepala supaya lebih enak bernafasnya.

Qadarullah obat batuk yang biasanya selalu jadi andalan stocknya habis di beberapa toko. Sehingga selama seminggu pertama mama cuma banyak minum air hangat, minum madu, minum perasan lemon, dan membalur minyak kayu putih di area leher dan dada. Sayangnya nggak ada perubahan yang signifikan, batuk sesak nafasnya masih saja terasa.

Akhirnya berobatlah mama ke dokter THT di salah satu rumah sakit swasta di kota Bogor. Oleh pak dokter, mama dirujuk untuk foto Thorak atau rontgen paru. Setelah dilihat hasil sementaranya, kata dokter kondisi mama so far so good. Cuma sedikit radang saja di amandel tanpa bisa banyak menjelaskan sesak yang mama rasakan itu penyebabnya apa. Oleh dokter THT tersebut mama diberi 6 macam obat dari kaplet sampai sirup, yaitu obat batuk, obat pilek, antibiotik, antiradang, vitamin dan antioksidan. Minum obat udah kayak gado – gado aja beraneka ragam, hadeh.

Yang bikin nyesek di dada semakin nyata adalah ketika melihat tagihan rumah sakit yang bikin hampir pingsan. 2 juta rupiah maaak untuk semuanya. Hati menjerit, tapi untungnya dicover asuransi. Tapi buat mama tetap kemahalan ya untuk hasil diagnose batuk sesak nafas yang katanya nggak kenapa – kenapa itu. Kalau dirupiahin bisa  buat belanja supermarket sebulan tu mak.

Keesokan harinya mama mengambil hasil rontgen yang sudah dilengkapi dengan diagnose dokter radiologi. Dan terkezutlah mama karena hasilnya seperti di bawah.

mengatasi batuk sesak nafas


Waktu ayah baca suspect diagnose itu ekspresinya lebih terkezut lagi sambil ngaleweng, ngalamun dan sedih – sedih gimana gitu. Ada kali setengah jam bertapa mencari petunjuk dan wangsit dari mbah google tentang Bronkitis dan TB paru atau Tuberkolosis atau TBC.

Dikutip dari alodokter, Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada saluran utama pernapasan atau bronkus dengan gejala lemas, demam, sesak napas, sakit tenggorokan, sakit kepala, hidung tersumbat, dan badan terasa pegal-pegal. Penyebab umumnya adalah virus ayng menyerang sel – sel – bronkus. Ada 2 jenis bronchitis, yaitu

  • Bronkitis akut. Kondisi ini umumnya dialami oleh anak berusia di bawah 5 tahun. Bronkitis tipe akut biasanya pulih dengan sendirinya dalam waktu satu minggu hingga 10 hari. Namun, batuk yang dialami dapat berlangsung lebih lama.
  • Bronkitis kronis. Bronkitis tipe ini biasanya dialami oleh orang dewasa berusia 40 tahun ke atas. Bronkitis kronis dapat berlangsung hingga 2 bulan, dan merupakan salah satu penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).
Sedangkan TBC Paru – paru  adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. Gejalanya batuk, berat badan turun, tidak nafsu makan, demam, keringat di malam hari, batuk berdarah, nyeri dada, dan lemah. Jenis batuk juga bisa berdahak yang berlangsung selama lebih dari 21 hari.

Setelah menyaring informasi – informasi yang ada, mama jadi sedikit lebih tenang karena keluhan yang mama rasakan tidak banyak. Cuma batuk sesak nafas aja, plus pegel – pegel karena kalau batuk – batuk melulu kan bikin badan pegel – pegel ya. Nggak ada demam, nggak muntah, nggak pusing. Tidak bermaksud mendahului dokter. Tapi InsyaAllah sih bukan TBC. Kalaupun bronchitis sepertinya ya bronchitis akut yang nggak terlalu mengkhawatirkan dan bisa pulih dalam beberapa waktu.

Prosedur yang benar seharusnya mama ke dokter paru untuk konsultasi lebih lanjut soal hasil diagnose foto thorax tersebut. Tapi berhubung mama sudah ilfeel dengan tagihan biaya rumah sakit sebelumnya, akhirnya Bismillah coba home treatment dulu di rumah. Kalau tidak reda juga baru berkunjung ke dokter lagi rencananya.

Obat dari dokter THT kemarin tetap mama minum dan habiskan karena sayang banget kan udah mahal – mahal ditebus masak dianggurin, hahah. Selain itu usaha – usaha lain yang mama lakukan untuk mengatasi batuk sesak nafas secara mandiri antara lain :

Bekam

Kurang lebih sudah 10 tahun ini mama mengenal bekam. Biasanya mama bekam kalau badan udah nggak enak, pundak kenceng nggak karuan, atau masuk angin dan flu. Metode bekam ini intinya mengeluarkan darah kotor yang tidak terpakai di pembuluh darah. Biasanya setelah bekam badan mama jadi lebih enakan karena peredaran darah lebih lancar. Pegel – pegel berkurang, begitupun kalau lagi pusing juga biasanya berkurang.

Setelah bekam kali ini juga badan lebih entengan. Kata terapisnya, darah kotor yang di area paru – paru memang lumayan banyak. Entah sugesti atau apa, sesak nafas yang mama rasakan memang sedikit berkurang meskipun masih terasa nggak nyaman buat bernafas. Ngganjel gitulah rasanya. Tapi rasa setengah tercekik di leher sudah berkurang banget.

Madu Pahit

Saat bekam, terapisnya menganjurkan mama untuk minum madu pahit. Madu pahit ini sebenarnya madu yang dicampur dengan berbagai macam herbal lainnya. Manfaatnya sih lebih untuk menjaga kesehatan badan ya. Tapi katanya bagus juga untuk batuk. Karena mama suka yang herbal – herbal akhirnya mamah iyaiin aja. Harusnya sih aturan minumunya 3 kali sehari 3 sendok makan. Berhubung sudah kebanyakan minum obat macam – macam akhirnya mama cuma minum sekali saja sebelum tidur. Wallahu alam gimana reaksinya ke badan.

mengatasi batuk sesak nafas


Tapi madu ini memang rasanya pahit banget. Yang nggak terbiasa minum pasti mukanya langsung jelek banget waktu pertama kali nyobain madu pahit ini. Ya nggak heran rasanya pahit, wong ternyata ada campuran brotowali di dalamnya, ngoahahah.


Ramuan Jahe Kencur


Ramuan jahe kencur ini mama dapatkan di akun Youtube Ragam Indonesia. Ramuan aslinya sih jahe dan gula merah saja. Testimoninya banyak yang bilang berhasil mengatasi seseknya dengan ramuan ini.

Cara membuatnya gampang banget. Cuma jahe diparut, diperes sampai keluar sari jahenya, ditambahkan gula merah lalu direbus sampai mengental. Aturan pakainya diminum 3 kali sehari 1 sendok makan saja.

Mama sedikit berkreasi dengan menambahkan kencur. Jadi kalau yang mama buat ini dari ½ kilo jahe, ¼ kilo kencur dan 2 blok gula merah. Berhubung tak sanggup memarut karena ketika mencoba memarut tangan ikut keparut – parut juga, akhirnya bahan – bahan tadi mama blender dengan sedikit air, diperes, lalu direbus dengan gula merah. Hasilnya kurang lebih 500 ml. Mama minumnya suka – suka hati gak sesuai aturan yang direkomendasikan, hahah. Pokoknya pas berasa batuk – batuk nggak enak, mamah minum sesendok. Dalam sehari ada kali 10 sendok, hahahah. Sejauh ini aman – aman aja sih. Kurang lebih 500 ml ini habis dalam seminggu.
mengatasi batuk sesak nafas


Tapi memang lhoh, waktu minum jahe kencur ini tenggorokan rasanya panas anget dan dahak – dahak berasa mencair. Tapi nggak langsung sembuh juga. Yang alami seperti ini memang butuh proses ya.


Susu Bear Breand


Susu beruang alias Bear Breand ini daridulu memang terkenal khasiatnya untuk menjaga kesehatan. Kalau lagi sakit atau pemulihan pasca sakit biasanya bagus banget kalau diselingi minum susu beruang ini. Dan susu beruang ini konon katanya bagus untuk memelihara kesehatan paru – paru sehingga banyak diminum oleh perokok. Katanya lho ya. Mama sebenarnya nggak kepikiran untuk minum susu beruang ini kalau nggak diingetin Uti untuk minum tiap malam sebelum tidur. Karena lumayan mihil, sebotol bisa 8000-9000an kalau nggak promo, mama cuma minum seminggu saja.
mengatasi batuk sesak nafas


Minyak Kayu Putih Hijau Buru


Waktu tantenya Una Kira dinas ke Ambon, mama dikasih oleh – oleh minyak kayu putih murni khas Ambon yang khasiatnya mirip minyak kutus – kutus. Bisa untuk mengobati kembung, flu, batuk, masuk angin dan lain – lain. Namanya minyak kayu putih Hijau Buru. Minyak kayu putih ini tu seger banget, beda sama minyak kayu putih umum yang biasa mama beli di warung. Dan pernah dong, suatu ketika Kirana minum es, terus batuk – batuk kan. Sepanjang malam waktu tidur dia batuk – batuk terus, mama baluri pakai minyak kayu putih hijau buru qadarullah besoknya udah nggak batuk – batuk lagi. 

mengatasi batuk sesak nafas

Waktu minyak kayu putih Hijau Buru ini habis galau banget mama, mencari di olshop ada banyak yang jual sebenarnya, tapi nggak sama dengan oleh – oleh dari tantenya Aruna. Tapi akhirnya mama tetap beli juga buat stok dirumah. Nah selama batuk sesak nafas ini mama juga baluran terus sama minyak kayu putih Hijau Buru ini. Lumayan sih, anget – anget gitu di dada dan leher. Uap yang kehirup juga bikin tenggorokann agak lega.


Obat Batuk Cap Ibu dan Anak


Setelah ramuan jahe kencurnya habis, mama males banget mau bikin lagi. Lagian keluhan batuk sesak nafasnya juga udah banyak berkurang banget. Kebetulan obat yang dari dokter THT juga sudah habis jadinya mama balik lagi ke obat batuk langganan yang biasanya mama minum kalau lagi batuk dan flu. Berhubung di toko – toko stoknya pada habis, mama coba beli online dan alhamdulillah stoknya ada. Mama suka obat ini karena komposisinya 100% herbal, rasanya juga enak. Dan obat batuk ini juga katanya bagus untuk memelihara kesehatan paru – paru sehingga aman diminum setiap hari. Sekali lagi, katanya lho ya. Kalau mama cocok – cocok aja minum obat batuk cap ibu dan anak ini. Anak – anak juga doyan
mengatasi batuk sesak nafas


Istirahat Cukup


Selama ini mama biasa bergadang setiap hari, paling cepet itu tidur jam 11 malam. Karena kalau ingin bebas me time sampai jungkir balik ya waktunya cuma malam hari waktu anak – anak sudah tidur. Nah, mama banyak dinasehatin sama ayah untuk istirahat yang cukup selama batuk sesak nafas ini. Supaya cepat pulih. Meskipun rasanya berat banget harus tidur di awal waktu, akhirnya mama berusaha sadar diri dengan tidur lebih cepat. Cuma bertahan seminggu aja sih, tidur jam 8 bangun jam 4, pas tidur 8 jam sesuai anjuran kesehatan. Selanjutnya mulai bandel lagi begadangan, wakakak. Tapi memang lhoh, tidur berkualitas itu bikin badan seger. Dan saat itu kondisi batuk sesak nafas mama banyak membaik. Alhamdulillah.
Sekarang kurang lebih sudah sebulan sejak keluhan batuk sesak nafas pertama kali dirasakan. Alhamdulillah sekarang sudah sembuh. Sudah nggak kayak dicekek dan distagenin lagi. Batuknya juga sudah hilang, *sujudsyukur*.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Terima kasih sudah mampir J.



31 Responses to "Mengatasi Batuk Sesak Nafas Secara Alami"

  1. saya seringnya pakai madu atau obat batuk herbal ..plus istirahat..alhamdulillah ga sampai ke dokter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga biasanya gitu, tapi karena ada sesak nafas jadinya ke dokter :)

      Delete
  2. Batuk berdahak memang menganggu banget ya mbak, aktivitas juga jadi ikut terganggu. Musim pancaroba gini banyka yang terkena batuk juga.

    Aneka obat herbal bisa digunakan juga untuk mengatasi batuk ya. Allhamdulillah kalau sekarang sudah sembuh dari batuk berdahaknya, sehat selalu ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak.. alhamdulillah sudah sembuh

      Delete
  3. Mba, aku sedang kena bronchitis jadi dulu saat SMA 17 tahun silam aku kena lah skrg bangkit lagi :( aku juga sesak dan batuk terus langsung ke internist (spPD) alhamdulilah biayanya ga sampe 2 juta mba buset deh itu mahal bener mba aku aja sama biaya rontgen, terapi uap, cek darah 450ribuan hehehe *ini komen bikin mamah sesek lagi ya inget2 biaya berobat hehehe,,

    sekarang aku belum check up lagi tapi masih terapi minum herbal dan madu mba semoga aku dan mamah mba lekas sehat aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampyun murah bangeet itu, makanya aku gk balik ke dokter dulu coba obatin sendiri, hehe.. sehat2 juga ya mbak :)

      Delete
  4. Wah suami aku kalo lagi batuk batuk juga suka minum madu pahit, walaupun rasanya nggak enak tapi buat badan jadi enak. Hehehehe. Makasi infonya ya maaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama mbaak, madu pahit emang pahit2 gitu ya

      Delete
  5. Alhamdulillah udah hilang ya batuknya mama. Lengkap banget mbaa. Bermanfaat. Klo adik aku yg kena flek aja lumayan ribet. Ini obat si mama ada 6 macam. Luar biasa tapi mama rajin ya mau minum sgala macam.
    Madu pahit aku blm pernah nyobain. Penasaran, bagus ya katanya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu pernah kena flek juga harus minum obat tanpa putus selama setahun, emang ribet kalo udah flek, hehe. Kalo madu pahit ada habbatussauda dan propolisnya insyaAllah banyak manfaatnya :)

      Delete
  6. Wah, banyak juga ya yang bisa jadi alternatif obatnya. Sejauh ini, kalo aku sesak napas, aku paling cuma diem, tarik napas dalam2, mencoba tenang. Meski makan waktu, tapi akhirnya reda. Bisa dicoba deh nanti cara ngatasin di atas kalo sesakku kambuh lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an bukan sesek kenapa2 ya, cobain aja ramuan jahenya mbak, kayaknya itu yang paling manjur

      Delete
  7. Naaah, obat batuk cap ibu dan anak nih yang terkenal banget. Aku baru tau kalau bekam juga bisa membantu. Kalau dipikir-pikir ya masuk akal juga sih karena kan mengeluarkan darah kotor, ya.

    Btw mba salam kenal. Suka deh liat template blognya. Antimainstream

    ReplyDelete
  8. Aku pernah mbak kena bronkitis berat, pengobatan beberapa bulan minum minyak ikan dicampur jeruk lemon. Alhamdulillah sembuh dan ga kambuh-kambuh. Sekarang buat jaga kesehatan, ditambah dengan senam paida, menepuk-nepuk titik meridian pernapasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo udah sembuh ya. Senam paida itu apa mbaak, kepo nih. Boleh lho dibikin artikelnya, nanti aku pasti berkunjung, hehe

      Delete
  9. Aku juga rutin bekam mak, Alhamdulillah punya suami yang pro sama pengobatan ala Rosul, sampe beli peralatan bekam nya. Trus aku diajarin cara ngebekam sama suami. Kalau habis dibekam itu memang rasanya jadi lebih enteng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, habis bekam tu enteng banget rasanya. Bahagianya mbak bisa bekam sendiri dirumah.. kalo suamiku takut dibekam, udah parno duluan liat gambar di internet

      Delete
  10. Aku kalau batuk juga suka konsumsi kencur sama madu, Mbak. Buat anak-anak juga. Susu Bear Brand juga lumayan membantu, menurutku sih, karena kata temenku juga enggak. Jadi kayaknya cocok-cocokkan. Nah, kalau bekam aku belum pernah, tapi biasanya habis pijat jadi lumayan mendingan. KArena batuk bisa juga karena otot yang tegang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pijet juga kayaknya melancarkan peredaran darah ya mbak, apalgi kalau pakai minyak urut yang panas, makanya bikin badan jadi enakan ya

      Delete
  11. Kebayang anget segernya jahe kencur, nih. Lekas sembuh buat Mama, yaaaa.

    ReplyDelete
  12. Apapun dilakukan agar bisa sembuh ya, Mbak. Obatnya banyak sekali hehehe..
    Eh, itu ada obat batuk andalan keluarga saya juga, obat Cap Ibu dan Anak. Karena rasanya manis, jadi anak-anak gampang kalau disuruh minum obat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga usaha, macam2 herbal dicobain, hehe.. Banyak yang pakai juga ya obida ini, tapi kadang susah juga nyarinya..

      Delete
  13. Alhamdulillah sudah sembuh setelah banyak cara ditempuh. Aku kadang batuk sampai sesak. Belum periksa sih karena itu gak sering. Semoga bukan apa2 dan tetap dibantu pengobatan alami dulu

    ReplyDelete
  14. Semoga ibu cepat sembuh ya, pengobatannya lancar aamiin..kebayang tersiksanya kalau sesak napas :(

    ReplyDelete
  15. Woww, kalau sudah sakit 2 juta pun harus direlakan ya, Mam. Semoga lekas sehat kembali. Saya pernah bikin ramuan jahe kencur itu buat anak, waktu itu dia sempat batuk berdahak lumayan lama dan kelihatannya menyiksa banget. Pas saya cobain, eh, rasaya lumayan juga saya kok jadi doyan hahahaha.

    ReplyDelete
  16. Kalau aku sama suami lagi batuk, juga pake jahe kencur, cepet banget sembuhnya ya

    ReplyDelete
  17. Aku paling sebel kalo udah batuk, Pasti sembuh nya lama, udah gitu bikin capek, badan pegel2 gara2 batuk2 terus.

    Kalo aku lebih suka minum jahe hangat mba sama nalurinya minyak kayu putih.

    Duh nyesek bgt ya biaya berobat nya Ampe 2 juta. Untung gak pingsan.. heehhe

    ReplyDelete
  18. Dulu aku sering bekam
    Sehat buat otot dan juga seringnya kepala saya sudah jarang pusing lagi meski banyak DL menanti.

    ReplyDelete
  19. Terima kasih infonya. Selama ini saya kalau batuk makan kencur mentah. Cuma dikupas saja lalu dikunyah-kunyah. Awal makan dih getir nggak enak di mulut. Tapi terasa enak di tenggorokan.

    ReplyDelete
  20. Aku punya semua yang ditulis mba di postingan ini karena penyakit aku sama kaya penyakit mama

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel