Ayam Goreng Mentega ala unakira


ayam goreng mentega

Ayam goreng mentega umumnya banyak ditemui di Chinese food restaurant. Tapi sebenarnya ayam goreng mentega ini resep peranakan yang berasal dari chef Belanda lho. Dilihat dari penggunaan mentega dan saus inggris dalam resepnya. Ayam goreng mentega ini kemudian dipopulerkan oleh koki – koki China, hingga sampailah ke Indonesia.

Mama sendiri pertama kali mengenal ayam goreng mentega itu waktu makan di salah satu  Chinese food restaurant. Seingat mama permukaan ayamnya seperti sudah digoreng dulu, tapi rasanya moist, gurih dan bumbunya meresap sampai ke daging. Pokoknya enak banget deh. Bumbu – bumbu yang menempel di piring itu sampai mama koret – koretin pakai tangan saking enaknya.

Tapi di lain waktu pernah mencoba beli ayam goreng mentega di  Chinese food restaurant yang lain. Dan kecewa banget karena rasanya beda jauuh dari yang mama beli sebelumnya. Ayamnya alot dan bumbunya gelap, kebanyakan kecap.

Kalau beli di restaurant 1 porsi ayam mentega itu kurang lebih seharga 45 ribu rupiah, isi 6 potong. Padahal cara membuat ayam goreng mentega ini sebenarnya cukup mudah, kita bisa membuatnya sendiri dirumah.

Pertama ayam mentah dibumbui dengan garam sebentar kemudian digoreng sampai kecoklatan. Setelah itu baru dibumbui lagi dengan aneka saus. 

Tapi menurut mama, menggoreng ayam terlebih dahulu itu seddikit tricky. Kalau menggoreng terlalu lama, ayamnya bisa alot dan keras sehingga merusak cita ayam goreng mentega secara keseluruhan. Tapi kalau menggorengnya kurang lama, terkadang bagian dalamnya kurang matang.
ayam goreng mentega


Dua duanya pernah terjadi sama mama, terutama problem yang kedua. Karena ingin mendapatkan hasil ayam goreng mentega yang moist, mama goreng ayamnya gak lama – lama. Dan waktu ayam goreng menteganya sudah matang, ketika hendak disantap, ternyata bagian dalamnya masih merah – merah gitu, huhu. Bikin ilfeel.

Itu sebabnya kata mama membuat ayam goreng mentega ini sedikit tricky.

Mungkin ya, mungkiin, kalau di restoran mereka menggoreng ayamnya dalam minyak yang banyak. Jadi biarpun digoreng sebentar permukaan kulitnya sudah kecoklatan.

Tapi karena mama biasa masak tanpa pakem, akhirnya mama modif sendiri resepnya. Ayamnya diungkep dulu sebentar supaya matang merata. Nggak usah lama – lama, cukup 10-15 menit saja. Baru digoreng sebentar sampai agak kecoklatan lalu dibumbuin.

Kalau terlalu repot, mau digoreng langsung juga bisa. Tapi sebaiknya ayam dipotong kecil – kecil. Kurang lebih seperti potongan untuk masak sop. 1 ekor dipotong jadi 18 bagian. Tapi, tetap sesuai selera ya.

Bumbu ayam goreng mentega juga sebenarnya cukup minimalis, cuma bawang putih dan bawang Bombay saja. Yang membuat rasanya khas itu karena ada penambahan kecap inggris dalam masakannya.

Tapi mama sendiri terbiasa masak dengan  bumbu dasar serbaguna yang biasa mama pakai untuk masak berbagai jenis masakan. Supaya nggak kupas – kupas bawang lagi. Rasanya nggak jauh beda sih, tetep enak – enak aja.

Mama selalu pakai standar dari Kirana dan Aruna yang picky eater. Kalau mereka berdua doyan, berarti ayam goreng mentega ini enak dan eatable.

Alhamdulillah anak – anak doyan. Terutama Kirana. Kemarin waktu mama masak ayam goreng mentega ini, saking doyannya Kirana sampai ngebet minta makan siang cepet - cepet, padahal jam masih menunjukkan jam 11 siang, belum waktunya makan siang, hihi.

Nah, mama biasanya bikin menu lauk – lauk seperti dalam jumlah besar. Untuk ayam paling nggak sekali masak 2 ekor. Kalau sudah matang sebagian dimakan untuk hari itu, sebagian lain disimpan di freezer buat setok. Jadi jika sewaktu – waktu ingin makan ayam goreng mentega lagi tinggal dikeluarin dari freezer dan dihangatin pakai microwave saja.

Ayam goreng mentega buatan mama kali ini warnanya agak pucat, soalnya ternyata kehabisan kecap inggris. Tapi ya nggak papa, tetap enak kok


Ayam Goreng Mentega ala unakira

Bahan
2 ekor ayam, potong kecil sesuai selera
2 sdm mentega
2 buah bawang Bombay, iris memanjang
 1 gelas air
Bumbu dasar serbaguna
4 sdm saus tiram
2 sdm kecap inggris
2 sdm saus tomat
Kecap manis
Irisan daun bawang
Garam, gula, merica dan penyedap secukupnya

Cara membuat

  1. Cuci bersih ayam, taruh dalam wajan, beri 2 sdt bumbu dasar serbaguna, garam dan merica secukupnya. Remas – remas ayam lalu ungkep tanpa diberi tambahan air. Kurang lebih 10 – 15 menit juga sudah cukup.
  2. Goreng ayam hingga kecoklatan. Sebentar saja, kurang lebih 3-4 menit tiap sisi. Angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan mentega, tumis bawang bombay hingga layu. Tambahkan air, beri 1 sdm bumbu dasar serbaguna dan bumbu – bumbu lainnya selain kecap manis.
  4. Setelah mendidih masukkan ayam yang sudah digoreng. Aduk – aduk hingga air menyusut, lalu tambahkan kecap manis sesuai selera. Terakhir beri taburan daun bawang.
  5. Ayam goreng mentega siap dihidangkan.


0 Response to "Ayam Goreng Mentega ala unakira"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel