Prive Uri-cran, Solusi Alami Anyang - anyangan

Anyang - anyangan memang bisa terjadi pada siapa saja, baik pria, wanita maupun anak - anak. Tapi ada satu kondisi dimana wanita lebih mudah terkena anyang - anyangan dibandingkan pria. Jika kamu adalah wanita dan sedang terkena anyang - anyangan, jangan anggap sepele ya, karena bisa jadi ada resiko kesehatan lain yang mengintai. Apalagi jika anyang - anyangannya berulang. Lalu apa solusinya ya?


Ceritaku ketika terkena anyang - anyangan


Saat masih sekolah SD dan SMP di Ungaran dulu, aku sedikit alergi dengan kamar mandi sekolah. Bagiku kamar mandi sekolah itu bau, jorok dan jelek. Belum lagi bumbu cerita - cerita misteri di dalamnya yang membuatku semakin enggan berkunjung kesana jika tidak benar - benar terpaksa. Itupun juga minta ditemani kawan sebangku.

Gara - gara itu aku mengurangi minum selama di sekolah, bahkan tidak minum sama sekali supaya terhindar dari hasrat ingin buang air kecil. Saat pelajaran olahraga pun, paling - paling aku hanya minum beberapa teguk air untuk melepaskan dahaga.

Akibatnya aku jadi sering merasa
sakit buang air kecil. Terkadang malah sudah menunggu lama di kamar mandi namun urin yang keluar hanya sedikit - sedikit. Rasanya sungguh tidak nyaman sekali. Kata ibu, aku terkena anyang - anyangan.
Penyebab sakit saat buang air kecil yang kualami itu apalagi kalau bukan karena dehidrasi. Aku sering dimarahi ibu gara - gara hal itu. Untuk mengatasi susah buang air kecil itu, ibu menyuruhku untuk banyak minum air dan tidak lagi - lagi menahan buang air kecil.

Kalau dirumah sih tidak masalah banyak minum dan bolak - balik ke kamar mandi. Tapi kalau sudah di sekolah, bagiku ke kamar mandi adalah sebuah big problem. Ibu pasti menganggapku berkhayal jika aku bercerita tentang.... nngg.. nganu.. ah sudahlah.


Sebelum kita membahas tentang resiko anyang - anyangan terhadap kesehatan wanita, cari tau dulu yuk apa sih anyang - anyangan itu?

Anyang - anyangan adalah masalah kesehatan pada saluran kencing dimana urin tertahan dan sulit untuk dikeluarkan, sehingga timbul peningkatan frekuensi buang air kecil (poliuria) namun jumlah urin yang dikeluarkan hanya sedikit - sedikit.

Penyebab anyang - anyangan yang kualami waktu kecil dulu adalah karena kurang minum atau dehidrasi. Saat kurang minum atau dehidrasi, produksi urin menjadi lebih sedikit yang bila terus menerus dibiarkan akan menyebabkan sulit buang air kecil.

Ciri khas dari anyang - anyangan adalah perasaan tidak tuntas saat berkemih yang disertai rasa nyeri.

Jika penyebab anyang - anyangan yang terjadi adalah karena dehidrasi, cara mengatasinya cukup dengan minum air saja. Tapi penyebab anyang - anyangan bukan hanya karena dehidrasi saja lho. Jika setelah minum cukup air anyang - anyangan tetap tidak mau pergi, bisa jadi penyebabnya karena gangguan kontraksi berkemih pada otot - otot kandung kemih.


Meskipun sudah berupaya menghindari, namun ada kalanya anyang - anyangan tetap saja menghampiri.

Kalau kata ibu sih, selain minum air yang banyak, ada cara lain yang juga ampuh untuk menyembuhkan anyang - anyangan. Yaitu dengan mengikat jempol kaki dengan karet gelang  dan melepaskannya setelah jempolnya kebiruan. Cara ini ibu peroleh dari nenekku. Kata ibu, jempol merupakan titik syaraf yang berhubungan dengan saluran kemih. Mengikat jempol kaki ini diibaratkan dengan pijat refleksi pada syaraf saluran kemih sehingga membantu mengatasi anyang - anyangan.

Meskipun banyak yang berhasil membuktikan. Tapi ibuku yang skeptis tak pernah memakai cara ini. Lebih baik minum air yang banyak sampai beser daripada jempolnya malah mati rasa. Begitu katanya.


Sebenarnya ada satu cara alami untuk mengatasi anyang - anyangan, yaitu dengan mengkonsumsi jus buah Cranberry. Buah Cranberry ini meskipun imut - imut tapi memiliki segudang kandungan nutrisi antara lain vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin K dan berbagai mineral (flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, quercetin, dan fitokimia). Dengan kandungannya yang beragam ini, tak heran jika buah Cranberry memiliki banyak manfaat, dimana salah satu manfaatnya adalah  menjaga kesehatan saluran kemih.

Salah satu senyawa dalam buah Cranberry yang berperan penting dalam mengatasi anyang - anyangan adalah Proanthocyanidins. Zat ini akan mencegah bakteri melekat pada dinding sel-sel saluran kemih. Cara kerja Proanthocyanidins adalah menangkap bakteri yang masuk dalam saluran kemih dan mencegahnya berkembang biak sehingga bakteri tersebut lebih mudah dikeluarkan bersama air seni.

Namun pertanyaannya, dimana kita bisa mendapatkan buah ini? Perasaan kalau belanja ke swalayan nggak pernah liat wujud buah ini sekalipun deh.

Nah, kalau sekarang kena anyang - anyangan sih nggak usah pusing lagi, karena ada cara enak untuk mengatasi anyang - anyangan. Tak Tak usah berburu buah Cranberry dulu, tak perlu minum air sampai kembung, mengikat jempol kaki sampai biru, mengikat perut sampai mules, cium lutut atau  berendam di air kembang 7 rupa, hihihi.

Tapi cukup minum Prive Uri-cran, solusi alami untuk mengatasi anyang - anyangan yang mengandung ekstrak Cranberry. Tak sampai 30 menit, buang air kecil kembali lancar.


Selain kemasan sachet, Prive Uri-cran juga tersedia dalam bentuk kapsul. Mau yang kapsul atau sachet, dua - duanya sama - sama berkhasiat dan bisa didapat di apotek atau toko obat terdekat. Produk ini juga sudah mengantongi izin BPOM sehingga tidak perlu ragu lagi dengan kandungannya.


Jika kamu sedang menderita anyang - anyangan dengan disertai beberapa keluhan seperti :

1. Demam,
2. Kencing berbau menyengat,
3. Kencing berwarna lebih gelap,
4. Kencing bercampur darah,
5. Sensasi terbakar saat buang air kecil,
6. Rasa sakit yang menjalar dari   bagian bawah perut hingga ke bagian pinggang belakang, dan
7. Mudah lelah,
Maka, mungkin saja kamu mengalami infeksi saluran kemih.

Jadi, anyang - anyangan dan infeksi saluran kemih itu merupakan 2 hal yang berbeda namun saling berkaitan ya. Menderita anyang - anyangan belum tentu terkena infeksi saluran kemih.  Namun infeksi saluran kemih umumnya selalu ditandai dengan gejala awal anyang - anyangan.

Infeksi saluran kemih sendiri merupakan infeksi akibat mikroorganisme baik itu bakteri, virus, jamur maupun parasit yang menempel dan berkembang biak pada saluran kemih (uretra, kandung kemih, ureter dan ginjal) dan menyebabkan infeksi. Tetapi 80% penyebab infeksi saluran kemih yang sering terjadi adalah karena bakteri e.coli yang bersarang di saluran pencernaan kita.

Saluran kemih sebenarnya terdiri saluran kemih bawah dan atas. Namun pada umumnya sebagian besar kasus infeksi saluran kemih terjadi pada saluran kemih bawah yang menginfeksi kandung kemih dan uretra, karena bakteri lebih mudah masuk pada daerah ini.


Seperti halnya anyang - anyangan, infeksi saluran kemih juga bisa terjadi pada siapa saja. Namun yang perlu diperhatikan oleh wanita, secara anatomi tubuh, wanita lebih mudah terkena infeksi saluran kemih. Coba saja kita perhatikan gambar di bawah ini.

Dari gambar tersebut dapat kita lihat bahwa saluran kemih pada wanita lebih pendek dibanding laki - laki. Akibatnya bakteri jadi lebih mudah masuk ke dalam saluran kemih wanita. Kemudian pada wanita letak dubur juga berdekatan dengan uretra, sehingga perpindahan kuman/bakteri penyebab infeksi saluran kemih (misal bakteri e.coli) dari dubur ke uretra dapat dengan mudah terjadi. Hal ini umumnya terjadi karena cara cebok yang salah. Pada wanita, cara cebok yang benar adalah dari depan ke belakang atau ke arah dubur. Bukan sebaliknya.

Wanita juga memiliki kondisi khusus yang tidak dialami laki - laki, seperti keputihan dan haid. Pada saat keputihan, bakteri Chlamydia yang berasal dari vagina akan turut keluar bersama dengan cairan keputihan. Jika bakteri ini masuk ke saluran kemih, maka kamu bisa menderita infeksi saluran kemih yang gejala awalnya berupa anyang - anyangan. Begitu pula saat haid, dimana kuman dan bakteri bisa berkembang biak pada darah kotor di pembalut. Untuk mencegah bakteri masuk ke saluran kemih saat keputihan atau haid, caranya adalah dengan rajin mengganti pembalut atau pantyliners secara berkala.

Lalu, tahukah kamu bahwa menahan buang air kecil terlalu lama juga bisa mengakibatkan kuman dan bakteri bersarang pada kandung kemih?

Jadi misalkan kita menahan buang air kecil terlalu lama, katakanlah lebih dari 30 menit, maka otot kantung kemih menjadi keram. Jika tidak segera dikeluarkan, kuman dan bakteri akan cepat tumbuh dalam air kencing yang tertahan sehingga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dengan gejala awal anyang - anyangan.


Kaum wanita memang lebih mudah terkena infeksi saluran kemih dibandingkan pria. Tapi ada sekelompok wanita yang lebih beresiko terkena anyang - anyangan karena kondisi tertentu. Yaitu :


Wanita hamil


Saat hamil, hormon progesteron semakin meningkat sehingga dapat menurunkan kinerja otot ureter, yang menyebabkan lambatnya aliran urin.

Sedangkan pada wanita hamil yang memasuki usia trimester ketiga, pertumbuhan janin yang semakin besar akan semakin menekan kandung kemih pula. Hal ini menyebabkan  pelebaran saluran ureter yang membuat bakteri jadi lebih gampang masuk ke dalam saluran kemih. Tekanan kuat dari janin pada kandung kemih juga mengakibatkan bakteri terperangkap dan menjadi infeksi, kemudian  menimbulkan gejala anyang - anyangan.

Ditambah lagi saat hamil urin lebih banyak mengandung glukosa dan bersifat asam, dimana keduanya meningkatkan potensi pertumbuhan bakteri, sehingga ibu hamil sangat rentan terkena infeksi saluran kemih.


Wanita menopause


Saat masuk masa menopause, kadar estrogen pada wanita akan menurun sehingga sistem kekebalan kandung kemih juga menurun. Hal tersebut mengakibatkan wanita lebih mudah terserang bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.


Wanita yang aktif secara seksual.


Pada saat berhubungan, resiko bakteri masuk ke dalam saluran kemih lebih besar karena aktivitas seksual dapat mengangkut bakteri penyebab infeksi saluran kemih yang umumnya hidup di daerah sekitar liang kencing. Apalagi jika aktivitas seksual disertai dengan penggunan alat kontrasepsi yaitu diafragma atau kondom dengan spermisida (zat penetral sperma), hal ini akan semakin meningkatkan resiko terjadinya infeksi saluran kemih pada wanita.

Ada baiknya setelah melakukan aktivitas seksual kita segera buang air kecil agar bakteri yang kemungkinan masuk ke dalam saluran kemih terdorong keluar agar terhindar dari infeksi saluran kemih

Kelompok wanita lainnya yang mudah terkena infeksi sakuran kemih adalah wanita pengguna kateter, wanita yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, serta wanita yang lahir dengan kelainan struktur kemih.

Wanita yang suka berolahraga juga rentan terkena infeksi saluran kemih. Karena kondisi lembab pada organ kewanitaan setelah berolahraga dapat memicu berkembangnya bakteri. Begitupun juga wanita yang hobi makan manis dan minuman berkafein, karena jika dikonsumsi secara berlebihan, kedua zat tersebut dapat mengiritasi kandung kemih sehingga menyebabkan infeksi saluran kemih.


Infeksi saluran kemih dengan gejala awal anyang - anyangan bisa juga disebabkan oleh penyakit yang sudah diderita sebelumnya, atau justru merupakan pertanda bahwa kita sedang menderita suatu penyakit tertentu, seperti penjelasan di bawah ini.


Diabetes


Seperti halnya wanita hamil, air kencing penderita diabetes juga mengandung glukosa yang membuat bakteri lebih cepat tumbuh. Jika ditambah dengan kebiasaan suka menahan buang air kecil, tentunya akan semakin meningkatkan resiko infeksi saluran kemih pada penderita diabetes.


Batu ginjal


Penderita batu ginjal umumnya mengalami sulit dan sakit buang air kecil karena urin terhalang oleh kristal ginjal yang terbentuk karena penyakit ini. Akibatnya penderita batu ginjal sulit untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya. Tentunya hal ini akan menyebabkan urin tergenang terlalu lama dalam kandung kemih yang memudahkan bakteri berkembang biak.


Pembesaran prostat


Pembesaran prostat pada laki - laki akan menyempitkan uretra sehingga urin sulit untuk keluar. Seperti halnya batu ginjal, urin akan sulit keluar sepenuhnya hingga menyebabkan genangan dan memudahkan bakteri berkembang biak.


Asam urat, hipertensi dan penyakit lain yang menurunkan daya tahan tubuh.


Seperti pada wanita menopause, penyakit yang menurunkan daya tahan tubuh juga mempengaruhi penurunan sistem kekebalan kandung kemih dimana kapasitas kontraksi kandung kemih akan melemah dan membuat penderita sulit untuk buang air kecil. Dengan demikian resiko terkena infeksi saluran kemih juga lebih besar.

Jika tidak ditangani dengan benar, infeksi saluran kemih bisa mengarah pada penyakit yang lebih serius, seperti infeksi ginjal. Hal ini karena bakteri yang berkembang di saluran kemih semakin aktif dan merambat hingga ke ginjal sehingga dapat mengakibatkan penyakit pada ginjal yang lebih serius.

Infeksi ginjal karena infeksi saluran kemih yang terjadi pada ibu hamil, tidak hanya berbahaya bagi ibu namun juga berbahaya bagi janin karena infeksi ginjal pada ibu hamil  meningkatkan resiko kelahiran prematur dan bobot bayi yang rendah.

Yang berbahaya adalah ketika infeksi dari ginjal sudah menyebar ke aliran darah atau yang disebut dengan sepsis. Sepsis ini bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh lain, bahkan dapat menyebabkan kematian.


Adakalanya anyang - anyangan yang kita alami itu merupakan gejala awal dari suatu penyakit. Apalagi jika anyang - anyangannya berulang. Untuk mengetahui pasti penyakit apa yang sebenarnya kita derita, jalan terbaik memang harus melakukan pemeriksaan dokter.

Tapi ketika anyang - anyangan mulai terasa, kita bisa minum Prive Uri-cran sebagai bentuk pertolongan pertama untuk mengatasi anyang - anyangan yang melanda.


Kenapa harus Prive Uri-cran?

Prive Uri-cran merupakan solusi alami karena mengandung ekstrak buah Cranberry yang sangat baik untuk kesehatan saluran kemih sehingga dapat mengatasi anyang - anyangan. Produsen Prive Uri-cran juga merupakan perusahaan ternama, Combiphar, yang tentunya tidak perlu diragukan lagi kredibilitas nya, sehingga produk ini dijamin berkhasiat dan aman bahkan untuk anak - anak dan ibu hamil.

Prive Uri-cran sendiri terdiri dari kemasan sachet dan kapsul yang sama - sama berkhasiat dengan komposisi sebagai berikut


Sebenarnya tak perlu menunggu anyang - anyangan untuk dapat merasakan khasiat buah Cranberry karena Prive Uri-cran ini juga dapat dikonsumsi sebagai suplemen makanan yang juga bermanfaat bagi tubuh kita khususnya untuk menjaga kesehatan saluran kemih untuk mencegah anyang - anyangan. Dengan komposisi dan dosis yang tepat, dapatkan khasiat ekstrak buah Cranberry dengan cukup minum 1 sachet/kapsul per hari.


Sedangkan untuk mengatasi anyang - anyangan, kita bisa minum Prive Uri-cran hingga 2 sachet/kapsul per hari.


Beberapa waktu yang lalu, aku berkesempatan untuk mencicipi sample produk Prive Uri-cran kemasan sachet dari Combiphar. Waktu menerima produk ini, kesan pertama adalah warna kemasannya kalem dan bentuknya juga mungil sehingga pastinya mudah untuk dibawa kemana - mana.

Saat kemasan dibuka, aroma buah yang wangi langsung menyeruak. Jadi rasanya malah kayak mau bikin minuman serbuk rasa buah nih, bukan minum obat, hihi.

Cara mengkonsumsinya juga mudah sekali, hanya tinggal dilarutkan dengan segelas air. Kalau aku sih lebih suka melarutkannya dengan 250 ml air dingin. Rasanya mirip - mirip minuman rasa strawberry atau cerry gitu deh, maknyes, asam dan segar. Dan nggak berasa seperti minum obat sama sekali.


Setelah 2 hari menkonsumsi Prive Uri-cran, khasiat yang terasa adalah buang air kecil jadi lancar. Lalu entah kenapa badan jadi terasa lebih segar. Padahal  biasanya baru siang hari juga udah ngantuk loyo, kecapekan momong anak dan bersih - bersih rumah.

Sesuai dengan namanya, Prive Uri-cran plus, mungkin ini manfaat plus yang aku peroleh kali ya. Mungkin karena kadar vitamin C  yang tinggi pada extract cranberry, turut membantu menjaga kesehatan, sehingga tubuh kita jadi lebih bugar dan fit.


Setelah membaca informasi diatas, kini kita jadi tahu bahwa anyang - anyangan ternyata bukan hanya masalah sepele dan perlu kita waspadai. Untuk itu, jangan sampai deh terkena anyang - anyangan, apalagi jika kita punya segudang aktivitas seharian. Pastinya sangat mengganggu sekali jika aktivitas kita sering diselingi  dengan bolak balik ke kamar mandi.

Lalu, bagaimanakah cara mencegah anyang - anyangan supaya tidak datang menghampiri?

Pada kondisi tubuh normal, cara mencegah anyang - anyangan yang terbaik adalah dengan banyak minum air putih, minimal 1.8  hingga 2 liter air perhari, serta jangan menahan kencing lebih dari 30 menit.

Pada wanita, organ kewanitaan juga harus selalu diperhatikan kebersihannya agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri yang dapat menginfeksi saluran kemih sehingga mengakibatkan anyang - anyangan.

Antara lain dengan mengganti celana dalam ketika mulai terasa lembab. Serta mengganti pembalut dan pantyliner secara teratur ketika sedang haid maupun keputihan.

Perhatikan juga cara membersihkan organ intim yang benar pada wanita. Berhubung bakteri banyak bersarang pada dubur, maka membersihkan organ intim yang benar adalah dari arah depan ke belakang.

Jangan lupa juga untuk selalu buang air kecil setelah melakukan aktivitas seksual agar bakteri yang kemungkinan masuk saat berhubungan dapat terdorong keluar.

Kemudian perhatikan selalu kebersihan toilet. Bersihkan toilet secara teratur, karena toilet yang kotor tentunya dapat membuat kuman dan bakteri penyebab infeksi saluran kemih mudah berkembang biak.

***

So, buat bapak, ibu, dan adek - adek sekalian, kalau sekarang kena anyang - anyangan sudah tahu solusinya kan? Jangan ragu minum Prive Uri-cran ya.

Nikmati segarnya segelas Prive Uri-cran untuk bantu mencegah atau mengatasi anyang - anyangan.

0 Response to "Prive Uri-cran, Solusi Alami Anyang - anyangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel