6 Tips Merawat Keharmonisan Rumah Tangga


Ibarat mengarungi samudera, perahu pernikahan itu tidak selalu berlayar pada ombak yang tenang menghanyutkan. Terkadang perahu bergoyang ke kiri dan ke kanan, tak jarang pula badai menghantam. Satu hal yang harus diingat, jangan sampai perahumu karam.

Kata seorang senior, 5 tahun pertama pernikahan adalah masa - masa yang berat dan penuh ujian. Ternyata memang benar. Memasuki tahun ke 6 pernikahan, saya menyadari sepenuhnya bahwa pernikahan itu tak selalu semanis madu.

Masa awal pernikahan adalah saat dimana pasangan suami istri saling beradaptasi dan menyatukan visi - misi. Wajah yang tak pernah ditampilkan saat pacaran mulai menampakan diri. Kadangkala masing - masing masih dengan  egonya sendiri dan merasa pendapatnya yang paling benar. Akhirnya tak jarang pertengkaran pun terjadi hanya karena dipicu hal - hal sepele saja.

Masalah sepele dan ketidaksepahaman yang terus menerus terjadi bisa saja berujung pada pertengkaran jika tidak segera dicari solusinya. Cinta saja tidak cukup. Butuh usaha lebih agar keutuhan  rumah tangga terus terjaga. Pernikahan itu tentang komitmen untuk melangkah bersama meskipun jalan yang dilalui banyak kerikil tajamnya. Dan komitmen itu butuh pengorbanan, karena setelah menikah kita tidak hanya mementingkan diri sendiri lagi.

Tidak bermaksud menggurui, karena pernikahan sayapun masih seumur jagung, dan hingga kini masih belajar agar saling kompak dengan suami dalam membina rumah tangga.  Namun menurut saya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam menjaga keutuhan rumah tangga.

Pertama, komunikasi itu penting.
Di jaman yang serba digital ini, komunikasi bukanlah suatu masalah meskipun suami istri terpisah jarak. Yang harus diingat adalah, sesibuk apapun aktivitas kita biasakanlah untuk saling bertukar sapa dan kabar sebagai bentuk perhatian pada pasangan.

Kedua, jangan pernah tidur dalam keadaan marah. Tidur dalam keadaan memendam masalah akan membuat kita terbangun dalam keadaan yang tidak enak hati dan suasana rumah menjadi tidak nyaman. Ketika bertengkar dengan pasangan, sebisa mungkin selesaikanlah masalah pada saat itu juga. Jangan saling bersahutan, tapi saling beri kesempatan pada pasangan untuk berbicara dan mengungkapkan unek - uneknya. Jika kecewa dengan sikap pasangan, ingat - ingat selalu kebaikannya dan alasan kita menikah dengannya, untuk mendinginkan suasana hati. Pahami baik - baik karakternya. Pahami juga bahwa kita bukan manusia sempurna yang sama - sama banyak kekurangan.

Ketiga, saling menjaga dan menghormati. Istri itu ibarat pakaian suami, begitupun sebaliknya. Karena fungsi pakaian adalah untuk menutupi tubuh, maka wajib bagi kita menjaga kehormatan pasangan, bahkan di depan anak sendiri. Jangan bertengkar di depan anak agar wibawa sebagai orangtua tetap terjaga. Tahanlah lisan dan jangan pernah mencela atau menceritakan keburukan suami pada orang lain maupun keluarga sendiri.

Keempat, jagalah quality time. Berikan ruang bagi pasangan untuk melakukan me time atau menyalurkan hobinya. Selain itu, jangan lupa untuk rutin melakukan aktivitas bersama keluarga seperti olahraga atau jalan - jalan.

Kelima, tugas rumah tangga dan mengasuh anak adalah tanggung jawab bersama. Untuk para suami, meskipun tugasmu mencari nafkah, saat dirumah selalu luangkanlah waktu untuk membantu pekerjaan rumah tangga dan mengasuh anak. Yakin deh, istri akan lebih semangat menjalani hari - harinya.

Terakhir, untuk para istri harus pintar merawat diri dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan miss-V ya, agar terhindar dari masalah kesehatan organ kewanitaan, seperti keputihan.  Menjaga kebersihan miss V bisa dilakukan dengan cara merapihkan rambut di area kewanitaan setiap 40 hari sekali (sesuai ajaran Islam), juga dengan rajin membersihkan miss-V dengan cairan pembersih kewanitaan seperti Resik V. Ada 6 varian resik V yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan.  Formulanya lembut sehingga tidak menimbulkan iritasi. Resik V juga aman digunakan karena terbuat dari bahan alami dan yang paling penting, sudah bersertifikat halal.

***

Semoga sedikit tips ini bermanfaat ya. Yuk, semangat merawat keutuhan rumah tangga bersama resik V, agar tercipta keluarga yang harmonis dan bahagia.

#ArisanResik  #Liputan6com

0 Response to "6 Tips Merawat Keharmonisan Rumah Tangga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel