Tumis ayam tahu gurih manis

Selain fuyunghai, resep ini juga  salah satu andalan mama untuk menu maemnya Kirana. Karena rasanya gurih manis, seleranya Kirana banget, jadi si cantik gak akan nolak pas disuapin. Kadang - kadang malah suka digadoin gitu aja sama Kirana saking doyannya. Udah gitu bikinnya juga gampang, cuma harus telaten nggoreng tahunya dulu sampe kemripik, hehe. Mama lupa dapat resep ini darimana atau ngarang2 sendiri.. Soalnya dari jaman awal - awal nikah sama ayah Tedy sering banget bikin menu ini. Sampe punya anak 2 juga jurus tumis ayam tahu ini masih setia dihidangkan. Jadi bisa dibilang menu ini termasuk salah satu signature dishnya keluarga Putranggono, hahah.

Biasanya untuk tahunya mama suka pake tahu sutra pasar yang bentuknya kotak gede. Menurut mama rasanya beda dan lebih khas kalo pake tahu sutra itu. Sayangnya di Ungaran sini mama gak pernah nemuin tahu macam itu. Katanya mbak tukang sayur langganan mama disini juga gak ada tahu sutra macam itu. Jadi ya sutralah..pake tahu putih seadanya yang dibawa mbak sayur. Tetep enyaaak.. ^^b.

Tumis Ayam Tahu Gurih Manis

Bahan dan bumbu
250gr ayam fillet
5 buah tahu putih
1 buah bawang Bombay, iris halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1 ruas kari jahe, geprek
1 sdm saus tiram
4 sdm kecap manis
100 ml air
Garam, gula dan merica secukupnya

Cara membuat
1. Iris kotak tipis tahu putih (seperti irisan kering tempe), goreng hingga kering, sisihkan.
2. Iris tipis fillet ayam, didihkan.
3. Tumis bawang putih, bawang Bombay dan jahe hingga wangi, tambahkan saus tiram.
4. Masukkan ayam, aduk -aduk hingga berubah warna.
5. Tambahkan air, tahu, kemudian bumbui dengan gula, garam dan merica. Didihkan hingga kuah menyusut.
6. Tambahkan kecap manis, aduk rata, koreksi rasa dan siap dihidangkan.


0 Response to "Tumis ayam tahu gurih manis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel