Sup bola bola salmon

Cuaca di Ungaran lagi gak bagus, akhirnya mama, Kirana dan Aruna pada sakit berjamaah. Kirana batuk pilek, kalo Aruna pilek aja, sedangkan mama pilek plus masuk angin juga. Paling sedihh kalo liat anak - anak sakit gini. Apalagi Aruna, tidurnya jadi sentrap sentrup, untungnya tetep nyenyak gak rewelan. Kalo Kirana batuknya berdahak, cuman masalahnya seusia Kirana belum bisa ngeluarin dahak. Akibatnya suka ketahan di tenggorokan dan malah bisa jadi muntah karena eneg. Kaya tadi pagi, waktu lagi nyuapin Kirana, tiba2 dia batuk - batuk lagi, terus langsung muntah. Semua makanan keluar deh..huhu sedih banget liatnya. Pas dicek badannya kok juga jadi agak anget. Akhirnya Kirana sama Aruna mama balurin perut, dada dan punggungnya pake telon yang sudah dicampur irisan bawang merah. Dari kecil mama emang biasa pake 'ramuan' itu kalo lagi anget badannya atau gak enak badan..dan sekarang mama terapin juga ke anak - anak.

Untuk anak yang lagi sakit, paling pas emang makanan yang hangat berkuah seperti sup, Soto ayam, dsb. Kebetulan banget mama masih punya kaldu daging, dan salmon cincang yang udah ndekem lama di kulkas karena mama bingung mau dimasak apa. Akhirnya mama bikin bola2 aja terus dimasak ke kaldu daging ditambah wortel buat sayurnya. Sebenernya enak pas mama cicipin tapi karena Kirana juga lagi gak enak badan makannya pun jadi ogah2an. Cuma habis 3 suap doank. Moga2 cepet sembuh ya..anak anakku :(

Oia,memasak salmon itu agak - agak tricky karena menurut mama ikannya amis banget ya. Jadi kalau mama, biasanya sebelum masak dilumuri jeruk nipis dan dibersihkan sampai amisnya berkurang.

Sup bola - bola salmon

sup salmon

Bahan bola2
100 gr ikan salmon cincang
30 gr tepung sagu
1 butir putih telur
1 buah bawang putih
5 biji merica butiran
1/2 sdt garam
Air untuk merebus bola - bola


Bahan lainnya

2 buah wortel, iris bulat - bulat
1 batang seledri, simpulkan
1 batang daun bawang, iris - iris
2 siung bawang merah, iris tipis
1 siung bawang putih, iris tipis
500 ml kaldu daging
Garam, gula dan merica secukupnya

Cara membuat
1. Haluskan bawang putih dan garam, campur dengan bahan bola - bola lainnya.
2. Didihkan air hingga mendidih, kemudian matikan. Bentuk adonan dengan 2 buah sendok hingga menjadi bentuk bola, masukkan dalam air panas tersebut. Lakukan hingga semua adonan habis. Nyalakan api lagi, setelah mendidih matikan api.
3. Goreng bawang merah dan bawang putih hingga kering.
4. Didihkan kaldu daging dan wortel hingga empuk, masukkan bola - bola, tambahkan seledri, daun bawang dan bawang goreng, bumbui dengan gula, garam dan merica



0 Response to "Sup bola bola salmon"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel