Brownies Kukus Keju. Gluten Free! No additive!

Kata ayah, mama tu pinter masak (uhuk)..tapi gak jago baking. Emang iya sih..soalnya tiap kali bikin kue, biarpun eatable tapi selaluuu aja gak mulus hasilnya. Yang bantetlah, yang kempeslah dan bla bla bla. Mama sendiri juga gak begitu suka baking sebenernya. Tapi demi anak, mama belajar bikin kue. Maksudnya ya supaya gak jajan diluar. Dan salah satu obsesi mama yaitu pingin banget bisa bikin kue - kue gluten free yang tanpa bahan pengembang atau zat tambahan sejenisnya. Biarpun hasilnya mungkin gak seempuk atau selezat kue2 di luaran, tapi yang penting enak dan bisa dimakan, hehehe.

Sebenernya gak ada yang alergi gluten di keluarga kami, sehari - hari juga masih suka bikin bakwan, makan mie, dan gluten - gluten lainnya. Jadi kalo nanti sekali - kali bikin kue pake terigu juga gak masyalah sih, hihi.

Sebelumnya mama pernah percobaan bikin proll tape, pake tepung cassava. Tapi lhahh malah jadinya kayak getuk. Untung akungnya Kirana doyan dan bersedia ngabisin. Jadi prol tape jadi2an itu gak berakhir busuk dan dirubung laler. Tapi mama gak kapok dong, terus tadi pas lagi blog walking gak sengaja nyasar di blognya ummu Fatima, dan ketemu resep ini  Kayaknya gimping bingit, dan kebetulan bahan2nya ada semua, jadinya mama langsung eksekusi. Dan..sesuai dugaan, masih belum sempurna hasilnya. Huhu. Yang mama bikin pinggir2 nya udah ngembang cantik, tapi yang tengah kempes. Kalo kata utinya Kirana mama kurang lama ngukusnya, dan apinya kurang besar. Tapi pas dicicipin ternyata enak lho. Buktinya gak sampe setengah jam kuenya tinggal 4 potong. Jadi Kayaknya mama bakal sering bikin kue ini deh, soalnya mama sendiri juga sukakk.. :9 Selamat mencoba ya.



Brownies Kukus Keju Gluten Free

Bahan
100 gr keju oles
100 ml minyak goreng
60 gr tepung beras
20 gr tepung maizena
3 butir telur
100gr gula pasir

Cara membuat
1. Panaskan minyak sebentar, lalu masukkan kejunoles dan aduk hingga keju melunak dan menyatu.
2. Mikser gula dan telur dengan kecepatan tinggi hingga kental berjejak.
3. Turunkan kecepatan mikser ke yang paling minimal, masukkan campurkan tepung beras dan maizena sedikit demi sedikit, mikser hingga rata.
4. Masukkan campuran minyak dan keju, mikser hingga rata.
5. Tuang adonan pada loyang yang sudah dioles margarine dan ditabur terigu supaya tidak lengket.
6. Masukkan dalam kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan, dan tutupnya juga sudah dibungkus kain bersih supaya uap airnya tidak menetes.
7. Kukus hingga 30-35 menit.
8. Angkat, dinginkan dan potong sesuai selera.

0 Response to "Brownies Kukus Keju. Gluten Free! No additive!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel