Menu harian balita

Namanya feeling seorang mama tu emang gak bisa dijelaskan dengan kata - kata ya. Jadi ceritanya mama lagi nyuapin kakak Kirana, sementara si adek Aruna lg bobok cantik dikamar. Blum selesai nyuapin, tp entah knapa kok perasaan mama kok pingin ke kamar mulu nengokin adek. Pergilah mama ke kamar, dan begitulah buka pintu..deg..rasanya jantung mama kayak mau copot liat Dek Una udah di bawah dekat kasur dengan posisi setengah terduduk, kepala nyandar kardus. Tapi kok ya gak nangis..cuman plirak plirik aja matanya. Bayi belum ada 3 bulan gimana ceritanya kok bisa ngglundung..untunglah kasurnya pendek gak pake dipan dan jatuhnya pas ke sisi sebelah kasur yang ada karpetnya, dan untungnya ada kardus di pojokan dekat kasur, jadi waktu adek ngglundung kepalanya 'mbrosot' ke kardus, jadinya gak kejedug lantai. Alhamdulillah pas di ceki2 gak ada kenapa2, dek Una juga stay cool biasa aja. Iya, ternyata si adek emang udah bisa tengkurep dan mbalik sendiri. Sebelumnya emang dek Una suka miring2 terus, bobok juga miring. Tapi mama gak expect Dek Una udah bisa tengkurep di umur segitu, karena seinget mama, kakak Kirana baru bisa mengkurep sendiri umur 5 bulan, ternyata tiap anak memang beda - beda ya. Setelah tau si adek udah bisa tengkurep gini jadi mulai wapada ni, bikin barikade di tepi2 kasur. Gimanapun juga tetep salah mamah ya kmarin itu, mungkin naruhnya terlalu kepinggir. Jangan sampe terulang lagi, huhu.

Kembali ke menu hariannya Kirana, kali ini temanya penyelamatan kulkas alias bersih - bersih lemari es yang menghasilkan setengah batang tempe yang hampir buzuk, 2,5 biji tahu putih dan beberapa sayuran yang udah mulai layu, hahah..ya uwes dimasak aja drpd mubazir. Tempe tahunya diperkedel, sayurannya ditumis aja. Biarpun judulnya menu balita tapi ayah dan mamah ikut menu ini juga makannya, bedanya kalo mamah dan ayah pake sambel pecel, sementara kira pake saos tomat ala2. Alhamdulillah kira maemnya banyak. Di bawah ini resep perkedel tempe tahu sama saos ala2 tomatnya, kalo tumis sayur mah kicik lah ya buatnya, hehe.



Perkedel tempe tahu
Bahan
200 gr tempe
150 gr tahu
3 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
1 sdm udang rebon
1 butir telur
1 sdt garam
1/2 sdt merica
1/2 sdt gula

Cara membuat perkedel tempe tahu
1. Kukus tempe, haluskan
2. Haluskan bawang putih, udang rebon dan ketumbar.
3. Haluskan tahu, tambahkan tempe halus, bumbu halus dan bahan bahan yang lain.
4. Ambil 1 sendok adonan, bentuk bulat lalu pipihkan.
5. Goreng hingga matang

Saos tomat ala2
Bahan
1/2 buah bawang Bombay
2 siung bawang putih
4 buah tomat ukuran kecil
150 ml air
1 sdm gula aren
1/2 sdm kecap inggris
1/2 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
Gula, garam dan merica sesuaikan selera

Cara membuat
1. Blender tomat dengan air, sisihkan
2. Cincang halus bawang Bombay dan bawang putih, tumis hingga wangi.
3. Masukkan tomat yang sudah diblender, didihkan hingga berubah warna dan kental
4. Masukkan bumbu - bumbu, koreksi rasa

Bahan

0 Response to "Menu harian balita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel