Lele saus tiram kecap

Selain ikan filet, menurut mama ikan lele merupakan salah satu ikan yang gampang buat didulangin ke anak. Soalnya durinya di tengah, dn gampang ngambilin dagingnya. Tapi tetep ati2 juga ya. Kita aja yg orang dewasa menderita banget klao keselek duri, apalagi anak2 kan. Udah gitu lele rasanya juga gurih (murah pulak). Terus, mama kalo masak ikan lele selalu dibuang kepalanya dulu, dipotong - potong, baru diolah. Soalnya kalo digoreng utuhan gitu suka serem liat kepalanya, kayak ular, hohoh. Klo dipotong - potong dulu lebih eatable dan gampang makannya.

Kemarin mama masakin ini buat Kirana, gk disangka ternyata doyan. Mungkin karena ada manis2 kecapnya itu yg bikin kira mau. Soalnya biasanya kira gk suka ikan. Jadi biar Kirana mau makan ikan, selama ini biasanya mama buat empek2, atau siomay setok di freezer buat camilan Kirana. Kalo udah mulai doyan masakan model gini ya uwes gak usah rempong lagi, heheh.



Bahan
5 buah lele
1 buah jeruk nipis
1/2 sdm ketumbar
2 sdm tepung beras
1 sdt garam

Bumbu
1/2 siung bawang Bombay
2 siung bawang putih
1/2 sdm garam
3 sdm kecap manis
100 ml air
1 sdm margarine
Garam, gula merica secukupnya
1 batang daun bawang iris halus, untuk taburan.

Cara membuat
1. Potong kepala lele, lalu potong lele jadi 3 bagian, lumuri dengan jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit.
2. Cuci bersih lele, taburi garam dan ketumbar, aduk rata, lalu taburkan tepung beras pada permukaan lele.
3. Goreng lele hingga kering, sisihkan.
4. Cincang bawang Bombay dan bawang putih, tumis hingga layu.
5. Tambahkan air, dan bumbu bumbu lainnya, tes rasa sesuaikan selera.
6. Masukkan lele, aduk hingga kuah menyusut.
7. Sebelum dihidangkan, taburi dengan daun bawang.

0 Response to "Lele saus tiram kecap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel