Batagor balita

Sepengetahuan mama, batagor itu kependekan dari bakso tahu goreng, jadi tahu yang ditutup adonan bakso diatasnya, digoreng terus dimakannya pake saus kacang. Tapi entah kenapa kebanyakan penjual batagor malah pakenya kulit pangsit yak. Mungkin kulit pangsit lebih ekonomis kali ya, hihi. Dulu waktu mama masih kuliah di Bandung teh seriiing banget makan batagor abang2 model gini. Biarpun perasaan banyakan komposisi tepung daripada ikannya, tapi tetep aja enak.

Seinget mama, Kirana belum pernah deh incip2 batagor dan makanan berbumbu saus kacang lainnya. Kebetulan ada kulit pangsit di kulkas, khirnya siang kemarin coba bikin buat Kirana. Berhubung buat anak, jadi batagor nya premium, banyakan ayam sama ikannya daripada tepung, hihi. Tapi sebelah disuruh nyoba ternyata kira gak suka, huhu..sedihnya hatiku. Mungkin lidahnya masih asing sama saus kacang..soale kalo batagor nya aja masih mau. Ya gak papa, lain kali cobain lagi ya nduk ^^,




Bahan batagor
15 lembar kulit pangsit
100 gr daging ayam giling
75 gr fillet ikan Dori giling
50 gr tepung sagu
25 ml air es
1 butir putih telur
2 batang daun bawang, iris halus
1 sdm udang rebon
2 siung bawang putih
1/2 sdt garam
1 sdt gula
1/2 sdt merica
1/2 sdm kecap ikan

Bahan saus kacang
50 gr kacang tanah
1 siung bawang merah
2 siung bawang putih
15 gr gula aren
100 ml air
Garam dan merica secukupnya

Cara membuat batagor
1. Potong tiap kulit pangsit jadi 2 bagian bentuk segitiga.
2. Haluskan bawang putih dan udang rebon.
3. Campur ayam giling, ikan giling, bumbu halus dan bahan - bahan lainnya, aduk rata.
4. Letakkan 1-2 sdt adonan di tengah kulit pangsit, lalu rapatkan ujung-ujung kulit pangsit, hingga menyerupai bentuk batagor
5. Goreng hingga matang.

Cara membuat saus kacang
1. Goreng kacang tanah, giling dengan dry mill.
2. Haluskan bawang merah dan bawang putih.
3. Tumis bumbu halus hingga wangi, tambahkan air
4. Masukkan kacang giling, gula merah, garam dan merica, didihkan dan koreksi rasanya.

0 Response to "Batagor balita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel