Resep saus concase balita

Namanya saja concase balita, jadi rasanya memang tidak seotentik saus concase betulan. Tapi ya.. mirip - miriplah. Waktu itu pernah lihat seorang chef lagi buat saus concase di salah satu tayangan Asian Food Channel yang awww ribetnya. Tomatnya harus dipanggang dulu dengan suhu tertentu, terus dikupasin satu - satu kulitnya, dibuang bijinya baru diproses. Kita mah ibu rumah tangga banyak kerjaannya bu..kalo masak pun butuhnya yang cepet, sat set. Katanya sih biar enak harus pake pasta tomat.. bukan saus tomat ya. Berhubung harga sekaleng pasta tomat sama dengan sekilo bandeng, ya mama lebih milih mbungkus bandeng aja, kalo dimasak lebih mengenyangkan..hihi. Namanya juga ibu - ibu ya, dalam hal apapun prinsip ekonomi harus tetap dipegang.

Jadi saus concase balita ini bisa diibuat macem - macem bun, buat saus spagheti, toping pizza, atau dibuat cocolan gitu aja. Bisa disetok juga di freezer, dibungkusin kecil - kecil untuk sekali konsumsi. Waktu harga tomat lagi murah dulu, mama sampai nyimpan berkantung - kantung di freezer dan baru dikeluarin jadi spagheti waktu rombongan keluarga besar suami datang menjenguk baby Aruna yang baru lahir. Biarpun pake tomat full  tapi rasanya tetep enak kok. Buktinya Kirana selalu suka. Ayahnya juga doyan. Kalo tidak suka ampas kulit tomat, tomatnya bisa dikerat dulu ujungnya terus direbus bentar..baru dikupas kulitnya. Kalo mama cuma dibuang bijinya aja terus langsung diblender sekulit - kulitnya. Tetep enak kok ^^.

Resep Saus Concase Balita


Bahan
100 gr ayam/daging giling
500 gr tomat
1 butir bawang Bombay
2 siung bawang putih
150 ml air
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdm Italian mix herbs
1 sdt gula aren
Garam gula merica secukupnya

Cara membuat
1. Belah tomat jadi 2 bagian, buang bijinya lalu blender.
2. Panaskan margarin, tumis cincangan bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan kecoklatan
3. Masukkan ayam giling, masak hingga berubah warna.
4. Masukkan tomat yang sudah diblender, tambahkan saus tiram, kecap manis, italian mix herbs, gula aren, garam, gula dan merica.
5. Tambahkan air, didihkan hingga kuah saus menyusut dan mengental.

0 Response to "Resep saus concase balita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel