Resep Perkedel Ikan

Jadi sudah beberapa hari ini bibir mama dower, gara - gara ada beberapa sariawan gak sopan yang nangkring dengan cantik disana. Iya be-be-ra-pa. Tepatnya 4 biji. 2 biji di bibir bawah, 1 biji di sudut kanan bibir atas, dan 1 lagi di ujung lidah. Bayangkaaann bayangkaaan. Siapa yang bisa makan nikmat ditemani sariawan yang merongrong sepanjang hari. Mama juga gak tau gimana mulanya, tau - tau udah berasa cekot - cekot aja. Pertama masih dibiasa - biasain sambil terus meyakini kalo penderitaan ini akan berakhir. Akhirnya mulai gak betah dan ambil vitacimin, ditempelin ke sariawan. Maksudnya biarinlah sakit sebentar yg penting cepet sembuhnya. Perihnya gak bisa diungkapin kata - kata, cuma mata aja yang dleweran sambil berhadah hadah. Dan ternyata bukannya sembuh tapi sariawannya malah tambah lebar T___T. Efeknya jadi males ngomong dan males ngemil. Padahal biasanya kalo makanan dirumah cepet banget abisnya.

Selama ini sih kalo sariawan dibiarin aja, tapi kali ini gak nahan cekot - cekotnya. Akhirnya minta tolong ke ayah buat beliin albot*l pas pulang dari kantor. Ini kali pertama mama nyobain obat sariawan. Kata ayah Tedy sih gak sakit dan cepet sembuh sariawannya. Percaya aja dong. Selanjutnya obatnya mama tetesin ke cutton bud, dan begitu cutton budnya nyus ditempelin ke target..langsung "maaaaaakk..",  lengkingan mamapun kayaknya kedengeran sampe tetangga. Kata siapa nempelin abot*l ke sariawan gak sakit hahhh??! Emosi jiwa juga ni. Tapi ayah Tedy masih nyemangatin aja, jadinya mama tempelin lagi ke 1 sariawan..sesuai petunjuk kemasan nempelinnya 1 menit sambil berderai air mata..huhu. Mama nyerah, yg 2 lagi akhirnya dibiarin aja. Besoknya mama pikir bakal sembuh, eh ternyata masih perih juga :(.

Malah jadi curhat ya, padahal judulnya apa, hehe. Biarpun sariawan tapi tetep masak dong..cuman indera perasanya jadi agak ngehang, jadi masalah incip mengincip diserahkan ke ayah Tedy. Nah kalo resep perkedel ini mama dapet dari nonton Asian Food Channel, di acara Pati's Mexican Table. Kata chefnya sih perkedel ini tastenya perpaduan america mexico, namanya mexamericana flavour. Kalo mama tertariknya karna cara bikinnya yang simpel. Orang barat sana kan emang biasanya masak pake bumbu minimalis ya, gak pake ulek-ulek bawang dulu.  Terus chefnya pas makan juga kayaknya enak banget sambil muji - muji masakannya.Ya udah deh dicobain. Kalo resep aslinya pake daun ketumbar sama daging kepiting, tapi mama ganti pake daun seledri sama tongkol rebus. Secara daging kepiting mau cari dimana..jadi ya yang ada aja deh. Di toko sayur langganan mama suka ada tongkol rebus yang udah diiris2. Mama pikir teksturnya mirip - miriplah sama daging kepiting. Kalo dari segi rasa jujur aja mama sama ayah Tedy kurang suka..so so lah. Kurang nyamleng gitu bahasa jawanya. Kurang bawang brambang ketumbar, hehe. Mungkin jenis ikannya jg gak cocok kalii ya. Tongkol emang lebih enak disambel atau dibikin kari ikan. Tapi ajaibnya Kirana kok mau ya. Waktu mau disuapin sih bilangnya "Gak mau pake itu ma", tapi tetep aja mama dulangin, umpetin di bawah nasi. Eh, abis juga sepiring..hahaha. Next time pingin coba pake tuna kaleng, kan lebih enak rasanya..atau ikan lele yang dikukus dulu diambil dagingnya. Kalo menurut lidah mama sih resep ini masih belum sempurna ya, butuh sentuhan bawang dkk. Tapi kalo tertarik mencoba yang ini berikut resepnya.



Perkedel Ikan


Bahan
15 gr daun seledri
50 gr mayones
2 butir telur
150 gr daging kepiting/tuna kaleng/ikan kukus ambil dagingnya
1 sdm keju parut
garam gula dan merica secukupnya.
2 sdm butter/margarin untuk menggoreng

Cara membuat
1. Aduk rata semua bahan menjadi 1, bentuk bulat - bulat dengan 2 buah sendok atau scop es krim.
2. Panaskan butter/margarin, tunggu hingga  mencair dan bergelembung
3. Masukkan bulatan adonan ke wajan satu persatu,(atau bisa juga langsung menyendokkan adonan satu persatu taruh ke wajan) tunggu hingga 1 sisi matang, balik pelan - pelan karena struktur adonannya agak lemas, tunggu hingga matang lalu angkat




0 Response to "Resep Perkedel Ikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel