Resep French Fries Oregano

Sebelum ketemu resep yang satu ini, mama udah biasa bikin homemade french fries juga, yang prosesnya lebih mudah. Caranya, kupas kentang, potong - potong bentuk stick, rebus, dinginkan, bagi dalam kantung - kantung kecil untuk sekali goreng trus di freezer. Tapi sebalnya, kalo udah beku kentangnya pada nempel satu sama lain. Sementara, hasil gorengan kentang bisa renyah kalo digoreng dalam keadaan beku..kalo nunggu cair biar gak nempel, hasil gorengan kentangnya lembek. Jadi ya biasanya mama nggorengnya dalam bentuk glondongan gitu. Kalo lagi rajin, sebelum dibekukan kentangnya ditata dulu di loyang..dijejejrin satu - satu kasih jarak biar gak nempel. Kalo loyangnya dah penuh, tutup pake clingwrap,tata lagi kentang diatasnya dst sampe habis (bar kui tangane langsung kriting). Kalo dah beku baru diwadahin ke tupperware tanpa perlu dibagi - bagi lagi. Mama pernah ngelakuin itu dan habis itu langsung tempel koyo ke lengan. Kalo dipikir - pikir ribet amat yak, padahal di supermarket mah banyak frozen french fries siap goreng. Ya gimana ya..mama mah gitu orangnya, suka yang ribet - ribet, ehehe. Gak sih, lebih tepatnya suka gak tega ngasih yang instan - instan ke anak, jadi ribet dikit gapapalah.

Mama gak sengaja nemu resep ini pas lagi blogwalking kesini. Pertama kali nyoba langsung jatuh cinta sama rasanya, gurih, asin dan unik karena ada oreganonya. Memang banyak prosesnya, tapi resep ini layak dicoba karena enyakk. Mama biasa bikin dalam jumlah banyak, kemudian selesai dikukus dipotong jadi beberapa bagian, tiap bagian untuk sekali goreng..lalu di freezer. Nanti kalo mau digoreng tinggal dikeluarkan dari freezer, diamkan sebentar, potong - potong, lalu goreng. Untuk Kirana biasanya mama buatkan pendampingnya orak - arik telur, biar kenyang sekalian. Trus french fries ini enaknya dimakan anget - anget ya, kalo dah dingin melempem. Kirana suka lho, mudah - mudahan disuka juga ya sama buah hati bumda dirumah. Berikut resepnya dengan sedikit modifikasi dari mama.

Resep French Fries Oregano

Bahan
350gr kentang kukus
40gr tepung beras
30 gr keju parut
1 sdt garam
1/2 sdt merica
1 butir telur
1 sdm oregano kering

Cara membuat
1. Haluskan kentang.
2. Campur kentang tumbuk dengan bahan - bahan lainnya, aduk - aduk hingga tercampur rata.
3. Siapkan loyang ukuran 10x15, oles sisi - sisinya dengan mentega, tuang adonan dan padatkan hingga tidak ada rongga udara.
4. Kukus hingga matang, kurang lebih 15 menit

5. Dinginkan, potong - potong bentuk stik, lalu goreng hingga garing kecoklatan.

0 Response to "Resep French Fries Oregano"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel