Resep bakso sarang burung

Satu lagi recommend resep frozen food dari dapur Unakira. Bakso sarang burung. Ini bakso bisa banget disetok di freezer. Untuk masaknya bisa dicemplungin ke sup, diguyur saus asam manis. Tapi paling seger dimakan pake kuah bakso plus pangsit sama tahu kukus. Inspirasi resepnya dapat dari blog Mamaku Koki Handal, tapi eksekusinya pake resep sendiri, menyesuaikan bahan - bahan yang ada. Untuk resep aslinya belum pernah bikin sih, tapi pake resep sendiri juga udah pas, bahan dagingnya irit cuma 250 gr, tapi jadinya banyak, hehe. Seperti biasa mama kalo masak gak pernah pake kaldu bubuk, jadi di bumbu halusnya mama tambahin udang rebon biar ada gurih - gurihnya. Terus, kapan - kapan pingin bikin yang versi dagingnya agak banyakan ah..lebih enak lagi kayaknya. Kemarin ayah Tedy seneng banget waktu dibekelin bakso sarang burung pake kuah bakso buat makan siangnya. Katanya enak banget, trus makannya pas lagi hujan juga, jadinya pas banget. Kebetulan di kantornya ayah disediain microwave di pantrinya, jadi yang bawa bekel bisa ngangetin makanannya. Dan biarpun menunya Kirana oriented, tapi ayah Tedy tetep rajin mbekel, lebih sehat,  praktis dan waktu istirahatnya juga lebih efektif karena gak habis buat jalan cari - cari makan di luar.

Bakso sarang burung ini kayaknya bisa juga masuk ke menu one dish meal ya, karena kan udah ada karbonya juga dari bihun, ada sayur dan dagingnya. Bisa juga masuk menu mpasi 1y+ atau buat balita yang lagi GTM. Kirana kemarin pagi makan bakso sarang burung pake kuah bakso plus tahu kukus. Habis semangkok porsi Kirana. Siangnya minta nasi telor ceplok, trus sorenya makan bakso lagi.. katanya enakk. ^__^. Dibawah ini resep bakso sarang burungnya ya



Resep bakso sarang burung
Bahan
250 gr ayam giling
150 gr tepung tapioka
75 ml air es
1 butir telur
3 siung bawang putih
1 sdm udang rebon
2 sdt garam
1 sdt merica
1 sdm kecap ikan

75 gr wortel, parut
75 gr jamur kuping, rendam air panas lalu iris halus
200 gr bihun yg sudah matang, iris kasar
1 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat
1. Campurkan wortel, jamur kuping, daun bawang dan bihun, aduk - aduk hingga tercampur rata.
2. Haluskan bawang putih, garam, merica dan udang rebon.
3. Campur ayam filing dengan tapioka, aduk rata.
4. Kemudian satu persatu masukkan telor, bumbu halus dan air ke adonan ayam. Aduk - aduk hingga adonan terasa menyatu.
5. Masukkan campuran wortel+jamur+bihun ke adonan ayam, aduk hingga merata

6. Rebus air dalam panci, seteleh mendidih matikan api, buat bulatan - bulatan dengan 2 buah sendok hingga adonan habis
7. Nyalakan api kembali, rebus hingga mendidih kembali kemudian matikan api. Diamkan hingga dingin, tiriskan dan olah sesuai kebutuhan atau simpan di freezer dalam kantong - kantong plastik.

0 Response to "Resep bakso sarang burung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel