Menu harian balita

Sejak Kirana umur 1 tahun, mama sudah memperkenalkan menu keluarga ke Kirana, tentunya yang gak pedes ya. Memang gak mudah, dan seringnya mengalami penolakan, hiks. Tapi mama juga gak menyerah dan selalu kontinyu memperkenalkan berbagai variasi menu ke Kirana. Ditolak tolak ya gpp, lain kali tawarkan lagi, begituu terus. Nanti lama - lama juga mau kok. Jangan selalu kasih makanan - makanan yang nyaman dan disuka anak aja, sekali - kali anak juga mesti ditantang menu - menu baru. Jangan jiper duluan, takut anaknya emoh. Kalo ujung - ujunge gak mau yaudah dimakan mamanya aja, hehe.

Contohnya Kirana ni yang selalu alergi menu - menu tumisan, Tapi mama tetep keras kepala juga, tiap mama masak tumis, selalu mama cobain kasih ke Kirana. Alhamdulillah akhirnya sambil dibujuk - bujuk lama2 mau juga kan. Lagi itu didulangin tumis buncis toge, eh abis. Terus dibuatin tumis buncis wortel buncis, ludas juga pas disuapin. Terus akhirnya sekarang lulus juga makan sawi putih..mamah terharu T_T. Andai bunda - bunda tau gimana perjuangan mama ngasi makan Kirana, pasti ikut mbrebes mili *lebayy. Jadi sampe umur 2 tahunan Kirana itu ratunya GTM. Dikit2 GTM, bentar2 GTM, sampe stress awak ni. Pernah donk pas Kirana lagi GTM akut, mama sampe masakin 4 jenis masakan, terus dijejer depan dia. Kebetulan ada tetangga mampir terus dikomentarin "lho lho, Iyen prasmanan tho..". Iyes, jadi ada anak tetangga yang masih cadel, gak bisa manggil Kira gitu, jadi manggilnya Iyen, jauh banget yak >_<. Akhirnya sekeluarga di rumahnya manggil Iyen ke Kirana.

Kalo sekarang - sekarang sih Kirana udah mulai gampang maemnya. Jadi kalo si kecil GTM dan susah makan, gak usah khawatir bunda, tetep semangat dan sabar ya. Tetep semangat ngasi makan yang bervariasi, supaya besarnya nanti gak jadi picky eater anaknya :).

Ini contoh menu harian Kirana, Cah sawi putih, ayam serundeng dan tempe. Ayam serundeng sama cah sawinya abiss,, tempenya cuma mau secokot, gapapaaa. Untuk ayam serundengnya saya pake resepnya mbak Diah didi plek ketiplek. Cara bikinnya, jadi pas bikin serundeng, ayamnya dicemplungin diungkep bareng kelapanya, pas ayamnya dah empuk diambil terus digoreng terpisah, serundengnya terus dimasak sampe asat dan kering. Enakk. Kalo tempe goreng mah kiciklah bikinnya, sambil merem juga bisa, hihi. Cah sawi putih juga gimpil banget, resepnya di bawah ya



Cah sawi putih

Bahan
150 ml air
1 Sawi putih, iris halus
1 sdm udang rebon
2 siung bawang putih, cincang
1/2 sdm saus tiram
garam, gula dan merica secukupnya

Cara membuat
1. Tumis bawang putih hingga  wangi
2. Tambahkan air dan bumbu - bumbu, tes rasa
3. Masukkan sawi putih, masak hingga layu.

0 Response to "Menu harian balita "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel