Menu harian balita

Kadang - kadang, mama kalo lagi masak suka ngawur dan gak sesuai pakem. Maksudnya lebih flexible, menyesuaikan dengan bahan yang ada aja. Ya gak ngawur - ngawur banget, yang penting rasanya masuk, enak dan yang dimasakin gak komplain. Misalnya niat mau masak sesuatu tapi ada bahan atau bumbu yang kurang ya gak apa - apa. Tetep hajar bleh. Beda sama embah - embah jaman dulu yang kalo masak ini harus pake ini, harus begitu, irisannya harus mencong begini, dst . Contohnya embahnya mama. Gak usah mbantuin masak deh, soale salah terus, heheheh. Tapi mama sayang banget sama embah, dan emang iya sih masakannya embah selalu mantep, dan rasanya selalu sama. Cuma masak sayur sop aja aduhhh enaknya, bikin nagih. Jadi kangen sama embah, huhu..:(

Seperti hari ini, niatnya mau masak capjay tapi ternyata gak ada bombay, daun bawang sama tomat yang biasanya jadi ciri khas capjaynya mama. Mau bikin udang kupu - kupu ladalah tepung pankonya abis. Ya uweslah di cah aja sayurannya, bumbu minimalis tapi karena pake kaldu udang jadi mantep rasanya. Terus udangnya dibikin semacam adonan bakso gitu terus digoreng, sebut aja namanya kekian jejadian, heheh. Soalnya kalo kekian beneran bahan dasanya udang, adonannya juga dikukus dulu baru digoreng. Berhubung lagi rush hour, ayah mau sarapan, anak - anak juga udah pada bangun, yawda langsung mama goreng gitu aja sesendok sesendok. Eh, ternyata pada bilang enak. Kirana juga doyan,untuk cah sayurnya cuma mau wortel, brokoli mau dikit, terus kailannya gak disentuh. Mangga kalo mau coba, semoga bisa jadi menu inspirasi harian untuk si kecil ya ^__^



Cah sayuran
Bahan
2 buah wortel, iris bulat
1 batang brokoli, posting per kuntum
4 bonggol kailan, posting bonggolnya
500 ml kaldu udang
2 bawang merah, iris tipis
2 bawang putih, iris tipis
1/2 sdm saus tiram
Garam, gula merica secukupnya

Cara membuat
1. Rendam brokoli dalam air garam selama 15 menit.
2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan wortel, tumis hingga setengah matang.
3. Masukkan saus tiram, aduk sebentar kemudian tambahkan kaldu, didihkan
4. Bumbui dengan garam, gula dan merica, cicipi
5. Masukkan brokoli, dan kailan, sesuaikan tingkat kematangan sayur dengan selera balita.

Kekian Udang Jejadian
Bahan
150 gr udang giling
1 sdm minyak wijen
1 sdm kecap ikan
1 sdm biji wijen
1 butir telur
2 siung bawang putih
1 sdt garam
1 sdt gula
1/2 sdt merica
75 gr tepung tapioka
35 ml air es

Cara membuat
1. Haluskan bawang putih, garam, gula dan merica
2. Campur udang giling dengan bumbu halus dan bahan - bahan lainnya, aduk rata
3. Goreng sesendok demi sesendok hingga matang.


0 Response to "Menu harian balita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel