Resep Frittata Udang Bayam

Tadinya mau bikin spagheti buat makan siang Kirana, tapi isi kulkas udah kering kerontang. Gak ada tomat, wortel, bawang bombay dkk buat bikin sausnya. Akhirnya diniatin sekalian belanja ke toko sayuran deket rumah. Udah meluncur dari rumah sambil bawa Kirana di boncengan, namuuun baru nyampe pintu gerbang perumahan udah dibikin syok sama macet yang aduhai. Mama cuma bisa bengong ngliatin padatnya mobil, angkot dan motor yang dipantengin sampe 10 menit gak ada pergerakan juga. Ada apakah gerangan? Penasaran, tapi mau tanya - tanya juga males. Daripada konyol ikut macet - macetan di jalan lebih baik balik kanan terus pulang yang kemudian disambut dengan tatapan heran ayah Tedy.

Di kulkas cuma ada kenikir dan bayam yang rencananya mau di buat pecel. Sebenernya masih ada stock nugget di freezer buat Kirana. Biarpun nuggetnya bikin sendiri dan gak merasa bersalah kalo ngasih itu tiap hari tapi kasian juga.. masak nugget lagi nugget lagi. Mana tadi pagi cuma makan mie goreng gak pake embel - embel. Mau dibikinin sayur bening tapi Kirana gak suka. Hooohh yasudah bikin fritata aja. Beruntunglah duhai ibu - ibu yang anaknya gampang maem sayur.  Kalau Kirana, selain wortel atau labu siam yang dimasak lodeh, sayuran lain yang keliahatan glondongan gitu kadang mau makan kadang gak. Jadi ya kadang sayurannya diumpet - umpetin di lauk. Begitulah kalo punya balita, mamahnya (terpaksa) harus kreatip.  Untuk sausnya mengarang indah yang ternyata rasanya wenakk, mungkin karena sumbangan sejimpit kaldu udang pekat didalamya. Jadi ceritanya kebetulan habis bikin kaldu udang pekat buat stok di freezer, campurin sedikit ke sausnya..ehh jadi enak tenan rasanya. Kalo gak ada kaldu udang bisa pakai kaldu ayam, kaldu sapi, atau kaldu bubuk. Mama sendiri selama ini tidak pernah memasak pakai kaldu bubuk, entah kenapa sudah tersugesti kalo kaldu bubuk itu gak sehat karena banyak mengandung msg. Allahualam. Jadi mama lebih suka masak kaldu sendiri, atau tidak pakai sama sekali. Tapi sekarang kan sudah banyak yang jual kaldu bubuk organik ya.. boleh dicoba tu kapan2.

Alhamdulillah Kirana doyan. Yayyyy mamah menang lagi, Kira maem bayem..hihi. Rasanya puas banget ya kalo liat anak lahap makannya, pegel linu yang terasa selepas masak langsung hilang :D :D


Frittata Udang Bayam

Bahan Fritata
1 butir telur
3 buah udang kupas cincang
1 sdm bayam rebus setengah matang yang sudah dicincang
garam, gula dan merica secukupnya

Bahan saus
1 siung bawang putih cincang halus
150 ml air
3 sdm kaldu udang pekat / bisa digantikan dengan 1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt saus tiram
1/2 sdt kecap asin
1/2 sdt gula aren
1 sdt kecap manis
garam, gula dan merica secukupnya

Cara membuat Fritata
1. Campur semua bahan fritata menjadi 1

2. Panaskan 2 sdm minyak dalam wajan, masukkan adonan fritata
3. Jika bagian bawah sudah matang balik dadar dan lipat

Cara membuat saus
1. Panaskan 1 sdt minyak dalam wajan, tumis cincangan bawang putih hingga halus
2. Masukkan air, kaldu udang blok, dan bahan - bahan yang lain
3. Koreksi rasa

0 Response to "Resep Frittata Udang Bayam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel