Tella Krezz Jenk Diar

Sabtu lalu ibu saya pulang dari belanja sambil membawa satu kresek singkong rebus yang masih anget dan tampak menggiurkan pesenan bapak saya. Hingga setengah hari, singkong rebus yang masih tampak menggiurkan walaupun sudah tidak anget itu hanya tersentuh oleh bapak saya. Ibu gak begitu doyan, apalagi saya dan adek – adek, anak muda gitu loh..singkong rebus?pling dos.. Malam hari tidak ada pengurangan jumlah yang signifikan terhadap jumlah singkong di piring. Hingga keesokan hari, singkong rebus yang sudah kaku dan dingin dan tampak tidak menggiurkan itupun tampaknya sudah tidak dilirik lagi sama bapak saya. Kalaupun dikukus lagi, pasti nasibnya tetep gak jauh beda..gak laku.

Ting ting ting..insting koki wanna be saya muncul. Oke jenk Diar..saatnya bereksperimen.. Akhirnya saya putuskan untuk mempermak singkongrebusgaklakuitu menjadi tela goreng berbumbu yang sekarang ini lagi ngetrend. Yang menjadi permasalahan adalah, ketika kita menggoreng singkong dengan cara biasa, hasil akhirnya singkong memang kelihatan garing di luar tapi tekstur dalamnya tidak, meskipun singkongnya sudah diiris agak tipis. Sedangkan tela goreng berbumbu yang lagi ngetrend itu renyahnya dari luar sampai ke dalem. Supaya seru saya pun sengaja gak gogling dan mencoba iseng2 bikin sendiri resepnya..

Begini cara bikinnya

1.      Singkongnya dipotong agak tipis - tipis.

2.      Haluskan bawang putih, garam, kemiri dan ketumbar. Proporsi bumbu sesuai selera, disesuaikan sama bahan. Campur bumbu dengan air dan rendam singkong dalam air berbumbu, kurang lebih sampai ½ jam รจ supaya singkongnya gurih dan berasa

3.      Kukus singkong selama 15 menit. Gunakan air rendaman untuk mengukus (prinsip ekonomi : ga ada yg boleh kebuang,hehe), kalo airnya kurang bisa ditambah air biasa.

4.      Setelah uap panasnya hilang, bekukan singkong dalam freezer. Dalam keadaan beku begini singkong bisa lebih tahan lama. Jadi kita bisa buat dalam jumlah banyak lalu sewaktu – waktu kalo lagi pengen bisa digoreng.

5.      Siap digoreng. Hasil akhirnya bisa diberi parutan keju atau bubuk bbq dkk

Ini dia Tella Krezz Jenk Diar



Lumayaaan.. rasanya mirip yang dijual – jual itu, krenyes di dalem jg lho.

Gak ada 15 menit langsung ludes.. heheheh

0 Response to "Tella Krezz Jenk Diar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel