Kuliah Pagi


Sumber : www.kabar-banten.com




Di suatu pagi setelah kunjungan seorang tetangga..

Anak        : Bu Mar nopo pah?


Bapak       : Meh jual rumah. Kasian lho, rumahnya udah di-bank-ke. Tinggal nunggu disita thok. Tapi papa ya gak sanggup tho kalo seketika itu disuruh beli rumahnya.

Anak        : Lha napa ik? Kok ngesakke ya..padahal kan dah tua gitu. Lha anak-anake pada kemana?

Bapak       : Nha itu justru buat biaya pengobatan anak mantune. Dah habis banyak itu buat ngobatke. Anake yo dah bangkrut, gak bisa kerja lagi.

Anak        : Kok bisa ya?

Bapak       : Ujian hidup. Kuasane gusti Allah itu. Papa mung bisa bilang, kalo hukum karma itu berlaku.

Anak        : Maksude opo ki? Emange dulu napa ik?

Bapak       : Papa gak ngomongin uwong lho ya, yang jelas kalo kita bermasalah sama harta, nanti pasti dibalesnya sama harta juga.

Anak        : Nyrempet - nyrempete ngomongin uwong juga ki.

Bapak       : Rakpopo, mbek anake dhewe. Pokoke kalo kamu ketitipan harta kudu amanah ya.

Anak        : Emange ngambil yang bukan haknya, gitu-gitu ya pah?

Bapak       : Yo gak tau juga ya. Moh ngomongke uwong ah. Papa cuma ngrasakke aja. Papa dah banyak pengalaman ya. Ngliat kehidupane papa dhewe, kehidupane wong-wong. Pokoke yang diunduh sekarang pasti ada sangkut paute sama yang udah kita lakoni dulu.

Anak        : Oooo, percoyo2.

Bapak       : Trus anak itu cerminan orang tua.

Anak        : Ya iyalah, kan gen-nya nurun. Kok ujug-ujug nyambunge iki. Aku ya?

Bapak       : Gak ngono, maksude yang udah dilakuin orang tua bisa kena ke anak juga. Biasane bisa dilihat pas anak-anak belum akil balig lan durung ngerti bener salah. Lek wong tuone apik, mesti anake yo apik.

Anak        : Ah, gak juga ah. Gak selalu kaya gitu. Tetep tergantung bocahe. Pas SMP temenku ada yang begajulan, suka'e gelut. Padahal bapake ustad.

Bapak       : Njobone Ustad, njerone kan kowe rak ngerti. Jangan selalu ngliat orang dari profesi atau penampilan lho nduk. Orang itu belum tentu sebaik yang kita pikir atau sejelek yang kita pikir.

Anak        : Oia ya

Bapak       : Trus kalo tuane sakit aneh-aneh, biasane ki berhubungan sama sifat dan perilakune di masa lalu

Anak        : Mosok sih? Kalo berhubungan sama pola hidup iya

Bapak       : Yang acarane ustad Danu tu lho

Anak        : Oia ya. Yowis2.

Bapak       : Meh dadi wong apik opo wong elek ki terserah kowe, tapi nanti pasti ada balesane. Biasane nanti ngunduhe kalo dah tua.

Anak        : Iya. Kalo juga umure nyampe tua..

Bapak       : Tau Mbah Jo kan?

Anak        : Yang ngasuh Mbh Ti kan?

Bapak       : Dulune wong sugih sakndeso, tapi terakhir2 akhirnya hartane habis tho? Anake banyak tapi yang dadi wong siji thok.

Anak        : Hwoo..

Bapak       : Dulu jahat sama dulur-dulure. Anak-anake yo dulu suka njahati Mbah Ti

Anak        : Ooo. ya ya.

Bapak       : Gak usah adoh-adoh. Liat Mbah Ti tu. Asale wong mlarat gak punya apa-apa,biar sederhana tapi sekarang uripe ayem tentrem. Dulur-dulure pada nggumun. Pas jadi janda kan gak punya pegangan apa-apa tho, mana anake jek cilik-cilik, cuma dodolan kacang dst tapi Alhamdulilah anake 4 mentas kabeh. Soale Mbah Ti wonge apik, sabar, ulet, suka nulungi orang. Coba liat, bisa sampe naik haji juga. Ngandelin pensiunan tentara ki sepiro tho, kalo bukan karena ditulungi Allah?

Anak        : Hoo..ya ya

Bapak       : Tau ceritane Mbah To juga tho? Dulune sugih, sekarang coba liat gimana..

Anak        : Tapi keto'e malah nyadarke yo pah

Bapak       : Pokoke jangan lupa zakat infak, nggo ngresiki harta. Jadi orang jangan sombong, rumongso awake sangar, tenar, bener dhewe pinter dhewe. Nanti mbalike kan tetep ke tanah juga. Trus jangan suka ngremehin orang

Anak        : Ya

Bapak       : Wes, pokoke berusaha dadi wong apik yo nak. Gak akan rugi. Kalo ada masalah ini itu namanya juga hidup ya gak akan mulus terus. Tetep ada ujiane

Anak         : Ya ya. Tapi meh dadi wong apik ki yo uangel yo pah..




"Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula" (Qs. 99:7-8)











0 Response to "Kuliah Pagi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel