The Miracles of the Qur'an

Sumber : www.islamicity.org


Pengaruh Qur’an terhadap organ tubuh

Dievaluasi dengan menggunakan perangkat elektronik

Dr. Ahmad Al-Qadhiy (United States of America)

Penelitian ini dilakukan oleh Dr. Ahmad dan timnya, untuk mengetahui dampak Alqur’an terhadap manusia. Penelitian menggunakan seperangkat alat untuk mengukur gejala – gejala perubahan fisiologis pada responden selama mereka mendengarkan bacaan Alqur’an, dimana yang menjadi responden dari penelitian ini adalah :

- Muslim yang bisa berbahasa arab

- Muslim yang tidak bisa berbahasa arab

- Non muslim yang tidak bisa berbahasa arab

Percobaan dilakukan dengan memperdengarkan lantunan ayat Alqur’an kepada sekelompok responden tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 97% percobaan memperlihatkan perubahan fisiologis pada responden yang ditunjukkan oleh menurunnya kadar tekanan pada syaraf secara spontanitas.



Penelitian lanjutan kemudian dilakukan untuk mengetahui apakah perubahan fisiologis tersebut terjadi karena bacaan Alqur’annya (dalam kontek ayat – ayatnya), atau karena hal diluar itu semisal, suara qiroahnya, lirik bacaan (cara melantunkan ayatnya), atau karena responden memahami bahwa yang dibacakan kepadanya adalah ayat – ayat Alqur’an.



Peralatan

Peralatan yang digunakan adalah perangkat studi dan evaluasi terhadap tekanan syaraf yang ditambah dengan komputer jenis Medax 2002 (Medical Data Exuizin) yang ditemukan dan dikembangkan oleh Pusat Studi Kesehatan Univ. Boston dan Perusahaan Dafikon di Boston. Perangkat ini mengevaluasi respon-respon perbuatan yang menunjukkan adanya ketegangan melalui salah satu dari dua hal: (i) Perubahan gerak nafas secara langsung melalui komputer, dan (ii) Pengawasan melalui alat evaluasi perubahan-perubahan fisiologis pada tubuh. Perangkat ini sangat lengkap dan menambah semakin menguatkan hasil validitas hasil evaluasi.

Subsekuen:

1. Program komputer yang mengandung pengaturan pernafasan dan monitoring perubahan fisiologis dan printer.

2. Komputer Apple 2, yaitu dengan dua floppy disk, layar monitor dan printer.

3. Perangkat monitoring elektronik yang terdiri atas 4 chanel: 2 canel untuk mengevaluasi elektrisitas listrik dalam otot yang diterjemahkan ke dalam respon-respon gerak syaraf otot; satu chanel untuk memonitor arus balik listrik yang ke kulit; dan satu chanel untuk memonitor besarnya peredaran darah dalam kulit dan banyaknya detak jantung dan suhu badan.



Penelitian dilakukan dengan memperdengarkan 2 bacaan kepada responden

1. Bacaan Alqur’an dalam bahasa arab.

2. Bacaan berbahasa arab yang bukan Alqur’an

dimana keduanya dilafadzkan dengan lirik yang sama sehingga responden tidak bisa membedakan mana yang bacaan qur’an dan mana yang bukan. Percobaan ini dilakukan sebanyak 210 kali kepada 5 responden yang non muslim dan tidak bisa berbahasa arab dengan memperdengarkan bacaan tersebut secara berselang seling. Penelitian ini ternyata menunjukkan perubahan fisiologis yang positif pada bacaan Alqur’an



HASIL

Terlihat jelas hasil-hasil awal penelitian tentang dampak Al-Qur'an pada penelitian terdahulu bahwasanya Al-Qur`an memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap syaraf. Dan mungkin bisa dicatat pengaruh ini sebagai satu hal yang terpisah, sebagaimana pengaruh inipun terlihat pada perubahan energi listrik pada otot-otot pada organ tubuh, perubahan pada kulit karena energi listrik, perubahan pada peredaran darah, perubahan detak jantung, voleme darah yang mengalir pada kulit, dan perubahan suhu badan. Perubahan ini menunjukkan bahwasanya ada perubahan pada organ -organ syaraf otak secara langsung dan sekaligus mempengaruhi organ tubuh lainnya. Jadi, ditemukan sejumlah kemungkinan yang tak berujung ( tidak diketahui sebab dan musababnya) terhadap perubahan fisiologis yang mungkin disebabkan oleh bacaan Al-Qur`an. Sementara itu telah kita ketahui bahwa ketegangan - ketegangan saraf akan berpengaruh kepada disfungsi organ tubuh yang dimungkinkan terjadi karena produksi zat kortisol atau zat lainnya ketika merespon gerakan antara saraf otak dan otot. Pada percobaan kita peroleh hasil bahwa dibacakannya Alqur’an menurunkan ketegangan syaraf responden, dimana syaraf yang rileks akan membuat tubuh lebih segar, sehingga stamina tubuh menjadi prima, dimana dengan bagusnya stamina tubuh akan membantu menghalau berbagai penyakit. Dan perlu untuk disebutkan disini bahwasanya hasil-hasil penelitian yang disebutkan diatas adalah masih terbatas dan dengan responden yang juga terbatas.

(Sumber : D:\About Islam\Mu'zizat\Pengaruh Qur'an Terhadap Organ Tubuh.doc)

Konon katanya kedekatan seseorang dengan Allah bisa terlihat dari rutinitas ibadah dan interaksinya dengan Alqur’an. Konon katanya juga kedekatan ini akan terpancar dari sikap yang tampak, wajah yang adem, pola pikir yang selalu berbaik sangka maupun ketenangan diri dalam mengambil kebijakan. Konon katanya lagi hiasilah rumahmu dengan bacaan Alqur’an supaya rumahmu terang benderang dan dirahmati Allah (yang mbaca juga tentunya).

0 Response to "The Miracles of the Qur'an"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel