Sop Kongro Jenk Diar


Keisengan ini bermula ketika saya melihat masakan mami di wajan. Waktu itu saya baru nyampe rumah, dari perjalanan Bandung – Semarang yang melelahkan, dan seperti biasa kaki saya melangkah ke dapur untuk ngecek makanan yang ada karena duduk lama di travel selalu bikin saya laper. Katanya itu iga sapi yang dimasak dengan bumbu Allahualam. Karena bumbunya ngasal alhasil orang rumah pada ga doyan (termasuk mami saya) dan si iga pun teronggok begitu saja di wajan selama 2 hari (he??). Kayanya masih bisa dimanfaatkan, sayang banget kalo dibuang. Saya jadi teringat Sop Kongro Maranu yang enak di daerah Riau Bandung. Terbersit ide untuk mengubah iga-ga-jelas itu menjadi sop kongro yang mbuh – mbuhan juga rasanya nanti kaya apa. Berbekal resep hasil searching dari internet dengan gubahan seperlunya, mulailah saya berksperimen dengan si iga malang itu.


Begini cara bikinnya :




  1. Si iga tadi dibersihkan dari bumbu2 yang melekat, kemudian direbus bersama 2 lembar daun salam, 3 batang cengkeh, kayu manis secukupnya, lengkuas secukupnya, 3 sdm air asam dan garam. Rebus dengan api kecil sampai iganya empuk sampe dagingnya kiwir - kiwir dan agak - agak lepas gitu dari tulangnya

  2. Iris tipis 3 butir bawang merah kemudian goreng hingga kering

  3. Haluskan 3 butir bawang putih, ½ biji pala, 1sdt merica kasar, ½ kluwek. Lalu bumbu halus tersebut ditumis hingga harum

  4. Masukkan irisan daun bawang, tumisan bumbu dan bawang goreng ke dalam rebusan iga, tambahkan gula dan garam secukupnya sesuai selera. Bisa juga kita tambahkan bahan – bahan lain seperti irisan wortel, kentang atau kacang merah sesuai selera.

  5. Siap disajikan




Ini dia hasil akhirnya,


Sop Konro Jenk Diar


Well, emang terlihat agak - agak manjijikkan. Tapi kata saya enak loh. Gak percaya? Monggo dicicip, selamat menikmati!! :)


0 Response to "Sop Kongro Jenk Diar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel